Bosan dengan pantai yang ada di Yogyakarta? Cobalah jalan-jalan ke lokasi Goa Jomblang Gunung Kidul. Sebab Yogyakarta memang selalu tidak lepas dari kawasan wisata yang menarik. Jika anda ingin melihat pancaran cahaya surga yang sangat menarik hati maka datanglah sekitar pukul 12:30 WIB. Pemandangan tak biasa seperti ini bisa anda abadikan ke dalam bentuk potret kamera.

Tempat wisata yang ada di Gunung Kidul ini sangat cocok bagi sang petualang sejati atau pecinta aktivitas ekstrem. Lokasi ini dijamin bakal memacu adrenalin para penjelajah. Atau anda tertarik untuk melakukan sesi foto prewedding di lokasi ini?

Goa ini juga biasa disebut dengan Goa Vertikal karena mulut goa berada di permukaan tanah. Untuk dapat masuk ke dalamnya, traveler harus memiliki nyali yang kuat untuk bermain dengan tali supaya bisa mencapai bagian dasar goa. Maka selain menantang, Goa Jomblang yang berada di Gunung Kidul ini tentu bisa memberikan tabungan pengalaman yang seru untuk anda.

Jalur masuk ke dalam goa dibagi ke dalam beberapa bagian. Untuk pemula bisa memilih jalur yang lebih pendek dengan kedalaman hanya 15 meter. Jalur ini juga masih bisa ditapaki oleh kaki sekalipun medannya agak terjal. Tapi jika anda menginginkan tantangan yang lebih ekstrem lagi bisa mencoba jalur lain.

Jalur C memiliki kedalaman 40 meter, jalur B memiliki kedalaman 60 meter, serta jalur A memiliki kedalaman 80 meter. Jalur A ini sering disebut sebagai jalur utama. Jadi anda yang baru pertama sekali mengunjungi objek wisata yang satu ini jangan terlalu khawatir. Anda bisa menyesuaikan kedalaman dengan kondisi yang anda miliki. Sementara itu sebelum terjun ke dalam goa, para pengunjung akan diberikan pelatihan singkat tentang cara menuruni goa secara aman. Tidak lupa juga pemandu yang sudah menguasai medan goa akan elalu sigap menemani orang-orang yang penasaran merasakan sensasi berada dan terjun ke dalam goa.

Lokasi Goa Jomblang

Lokasi ini tidak pernah sepi pengunjung. Meskipun sangat menantang adrenalin, Goa Jomblang tetap saja memiliki penggemar tersendiri. Dengan kata lain banyak wisatawan dari luar Yogyakarta yang berkunjung ke lokasi goa ini.

Lokasi Goa Jomblang berada tepat di pegunungan Karst di Padukuhan Jetis Wetan, Desa Pancarejo, Kecamatan Semanu, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Akses Menuju Lokasi Wisata

Anda yang bergerak dari kota Yogyakarta bisa mengikuti rute yang ada. Untuk waktu tempuhnya mencapai sekitar 1,5 jam perjalanan. Dari kota Yogyakarta anda bisa menuju jalan Wonosari untuk menemukan daerah Piyungan. Nanti dari sini anda akan melanjutkan perjalanan menuju Patuk. Setelah itu bergerak langsung menuju Semanu dan desa Pancarejo.

Perjalanan tidak berhenti di Pancarejo. Ketika sudah menemukan jalanan beraspal desa Pancarejo, anda perlu melampaui jalan makadam yang berada di tengah kampung. Jangan kaget sebab di daerah ini juga terdapat ladang warga sekitar. Temukan resort yang ada di tengah landing.

Cukup menantang memang namun usaha kerap sebanding dengan hasil. Panorama yang indah dari goa Jomblang mampu memberikan kesan yang tidak biasa untuk anda jadikan sebagai kenang-kenangan yang bisa diceritakan di masa yang akan datang.

Tiket Masuk

Berbicara soal tiket masuk, sejatinya destinasi ini tidak memerlukan biaya khusus untuk menginjakkan kaki di lokasi ini. Namun di sini tersedia jasa operator yang bisa memandu anda untuk berwisata goa. Harganya pun bervariasi mulai dari Rp 450 ribu hingga Rp 1 juta untuk masing-masing wisatawan. Harga itu jelas bergantung terhadap fasilitas apa yang anda dapatkan.

Namun jika tidak ingin menggunakan jasa operator, anda harus memiliki peralatan pribadi dan harus meminta izin terlebih dahulu kepada kepala dukuh yang ada di sana demi keamanan bersama.

Perihal biaya parkir, setiap sepeda motor akan dipatok sebesar Rp 3 ribu.

Jam Buka

Jam buka destinasi Goa Jomblang Gunung Kidul Yogyakarta mulai pukul 08:00 WIB s/d pukul 14:00 WIB. Oleh sebab itu datanglah dengan menyesuaikan waktu anda. Sebagai saran, datanglah sekitar pukul 10:00 WIB hingga pukul 13:00 WIB untuk mendapatkan pemandangan alam terbaik. Karena pada jam-jam seperti itu biasanya matahari sudah mulai masuk ke celah goa dengan sumpurna. Siapkan segala sesuatu untuk menjelajah ke goa mulai dari kondisi bahan yang prima, makanan/minuman, kamera, topi, serta barang-barang pendukung lainnya.