Pantai Licin adalah sebuah pantai di pesisir selatan pulau Jawa yang secara administratif masuk ke wilayah Dusun Licin, desa Lebakharjo, Ampelgading, kab. Malang, Jawa Timur. Jika bergerak dari arah kota Malang maka anda bisa langsung menuju ke arah kecamatan Dampit untuk menemukan jalan ke arah kecamatan Tirtoyudo lalu ke kecamatan Ampelgading.

Ketika sudah melabuhkan kaki di pantai Licin anda akan dibuat takjub oleh pesonanya. Beningnya air laut selatan serta ombak yang mendesir tenang selalu mampu membuai setiap pengunjung. Bahkan saat anda tertarik untuk kegiatan snorkeling maka beningnya air laut di pantai ini akan membuat anda sungguh terpukau dan ingin berlama-lama untuk melihat satu per satu biota laut secara mendetail.

Dinamakan pantai Licin bukan berarti pantainya licin atau dapat membuat setiap orang terjatuh akibat licin. Namun pantai Licin mengikuti dari nama dusunnya, yakni dusun Licin.

Yang menjadi ciri khas dari pantai Licin yaitu pasir pantai berwarna agak gelap. Jadi jika biasanya anda menemukan pasir pantai berwarna putih maka di pantai Licin anda tidak menemukan warna pasir yang demikian.

Hamparan pasir di pantai ini berwarna hitam legam, mirip seperti pasir vulkanik yang sering digunakan untuk bahan bagunan. Adapun pasir yang berwarna gelap ini berasal dari letusan gunung Semeru. Erupsi gunung berapi aktif tersebut sebagian mengalir sepanjang aliran sungai Glidik dan bermuara tidak jauh di sebelah timur pantai Licin.

Ada begitu banyak pasir vulkanik yang terbawa ke laut dan kemudian terhempas ombak kembali ke daratan. Sehingga pasir-pasir di sekitar muara berubah menghitam dan menimbulkan hal yang sama terhadap pantai Licin. Meski demikian sebenarnya pantai Licin dulunya memiliki warna pasir pantai berwarna putih.

Keunikan lain dari pantai yang berada di kabupaten Malang ini yaitu terdapat batu karang yang menjulang dengan aneka bentuk. Oleh karena bentuknya yang tidak beraturan maka sering dijadikan sebagai spot foto menarik bagi kaum wisatawan yang berkunjung ke pantai Licin. Pengunjung juga bisa melihat pola petak umpet dari biota laut di sela-sela batu karang. Karena ada beberapa biota tertentu yang memang sering bersembunyi diantara batu karang.

Terowongan Menuju Laut Selatan

Selain berfoto diantara batu karang yang tak beraturan, anda juga akan menemukan terowongan alias sebuah lubang di salah satu batu karang. Entah bagaimana terowongan tersebut terbentuk namun saat melihatnya anda akan dibuat betah. Lantas semakin tergoda untuk melintasinya.

Fasilitas di Pantai Licin

Lokasi pantai menyediakan beberapa fasilitas penunjang bagi pengunjung pantai seperti:

  1. Area berkemah
  2. Tempat makan
  3. Kamar mandi umum
  4. Parkir
  5. Tempat penginapan

Tips Berkunjung ke Pantai

Ombak di pantai Licin memang cukup tenang untuk reputasi laut selatan. Oleh karena itu ada berbagai kegiatan yang bisa dilakukan di tempat ini. Jika ingin bermain air, jangan lupa untuk membawa baju ganti dan handuk. Anda juga bisa membidik sejumlah bidikan intagramable di lokasi pantai Licin Malang Jawa Timur ini. Untuk mendukung pose andalan anda, gunakan sebaiknya beberapa properti pendukung. Misalnya kacamata, sandal, topi, atupun baju kekinian. Anda pun bisa datang bersama pasangan maupun keluarga.

Namun saat berkunjung pastikan anda dalam kondisi yang prima serta jangan membuang sampah sembarangan. Sebab lingkungan yang kotor dapat menyebabkan kerusakan lingkungan beserta keindahannya.

Informasi Lainnya

Lokasi              : Dusun Licin, Ampelgading, kabupaten Malang

Jam Buka         : 24 jam

Biaya Masuk     : Gratis