Kebun binatang Ragunan (Ragunan Zoo) atau Taman Margasatwa Ragunan adalah sebuah objek wisata/tempat rekreasi berupa kebun binatang seluas 140 hektar yang terletak di jalan Harsono No. 1, Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Kebun binatang ini sudah lama berdiri yakni sejak tahun 1864. Saat memasuki kawasan ini, di dalamnya terdapat aneka jenis binatang dengan total mencapai 295 spesies dan 4040 spesimen.

Melansir dari wikipedia, Ragunan Zoo memang sempat ditutup selama sekitar 3 minggu sejak 19 september 2005 karena hewan-hewan di dalamnya ada yang terinfeksi virus flu burung. Namun setelah itu pada tanggal 11 oktober 2005, kebun binatang Ragunan Jakarta dibuka kembali untuk umum.

Anda yang berdomisili di Jakarta dan sekitarnya bisa menjadikan lokasi kebun binatang Ragunan untuk mengisi waktu liburan atau weekend, khususnya bagi anda yang sudah memiliki anak. Sebab dengan membawa anak-anak liburan ke kebun binatang, si kecil juga bisa sambil beredukasi dengan mengenal berbagai jenis binatang. Selain itu banyak pula jenis spesies hewan langka yang ada di dalam kebun binatang Ragunan misalnya gorilla, kakatua, anoa, gajah, dan orangutan.

Menurut sejarahnya, kebun binatang Ragunan adalah kebun binatang pertama di Indonesia. Nah tentu anda bisa bayangin dong bagaimana sensasinya kalau bisa datang ke kebun binatang tertua di tanah air. Di sini anda bisa bersenang-senang untuk melepaskan penat dari rutinitas pekerjaan sehari-hari. Anda juga bisa membidik beberapa gambar karena sebenarnya banyak juga spot menarik di kebun binatang Ragunan (Ragunan Zoo). Dengan kata lain, pilihan rekreasi ke kebun binatang juga tidak kalah seru kok jika hendak melaksanakan liburan.

Pengunjung juga bisa menikmati indahnya pemandangan hutan tropis mini yang terdapat di kawasan Ragunan Zoo. Kira-kira apa lagi ya yang bisa dirasakan dari kebun binatang yang terdapat di Jakarta Selatan ini? Berikut hal-hal menarik yang bisa dilakukan di kawasan kebun binatang Ragunan Jakarta Selatan.

  1. Menunggangi satwa berkeliling kebun binatang

Pengunjung bisa menunggangi satwa yaitu gajah dan unta untuk berkeliling dalam kebun binatang. Tentu sensasi naik gajah dan unta ini akan dapat menyemburatkan kesan tersendiri. Jangan khawatir, akan ada kok pawang hewan yang setia menemani pengunjung jika mengalami berbagai kesulitan.

  1. Menikmati Atraksi Pentas

Selain menunggangi gajah dan unta, pengunjung juga bisa menikmati atraksi pentas yang begitu memukau dari para satwa yang terlatih. Beberapa diantaranya meliputi atraksi burung kakatua yang bermain gelang warna-warni serta beruang yang menaiki sepeda. Bahkan atraksi dari beberapa satwa di kebun binatang Ragunan selalu mampu mendulang gelak tawa.

  1. Berelaksasi di Taman Refleksi

Jika ingin bersantai di kebun binatang Ragunan, di lokasi objek wisata yang satu ini juga disediakan tempat bernama Taman Refleksi. Dimana taman ini didesain sangat indah dan tentunya sangat sejuk karena ditumbuhi oleh pepohonan yang rindang. Bahkan ada pula danau buatan yang semakin menambah asri suasana taman. Hilangkan semua kegelisahan anda dan nikmati pemandangan alam yang begitu memukau.

  1. Naik Perahu Angsa

Sementara itu jangan pula melewatkan sensasi menyusuri sungai dengan menumpangi perahu angsa. Anda bisa melakukan ini bersama anggota keluarga untuk menambah momen kebersamaan. Luas sungai yang mencapai 2000 meter persegi ini dijamin ampuh membuat bahagia.

  1. Pusat Primata Schmutzer

Pusat Primata Schmutzer adalah pusat primata seluas 13 hektar bertaraf internasional yang mempunyai peranan penting dalam upaya konservasi primata Indonesia sekaligus sebagai jendela informasi primata. Anda bisa melihat sendiri kompleks pusat primata dirancang sangat bagus dimana di dalamnya seolah-olah berada di habitat aslinya.

Informasi Lainnya dari Kebun Binatang Ragunan

Melansir dari laman ragunanzoo.jakarta.go.id, kebun binatang Ragunan Jakarta Selatan dibuka sejak pagi hingga sore yakni pukul 07:00 WIB – 15:00 WIB. Lantas untuk informasi harga tiket masuk dipatok sebesar Rp 4.000,-/orang dewasa dan Rp 3.000,-/anak-anak. Harga ini tentunya tergolong murah sekali mengingat banyak hal yang bisa diperoleh saat berada di kebun binatang Ragunan. Namun dikarenakan pandemi covid-19 masih berlangsung di Indonesia hingga saat ini, pihak Ragunan Zoo membuat aturan pendaftaran kunjungan minimal H-1 secara online. Calon pengunjung bisa membuka link berikut: bit.ly/pesantiketTMR.

Selain itu setiap pengunjung juga diharapkan untuk mematuhi protokol kesehatan pencegahan covid-19 saat mengunjungi kebun binatang Ragunan. Selama berekreasi, pengunjung harus selalu menerapkan 3M yakni memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak.