Kebun Raya Bogor adalah sebutan untuk sebuah kebun botani yang sejuk di kota Bogor Jawa Barat yang memiliki luas wilayah mencapai 87 hektar. Di kawasan wisata ini bahkan terdapat 15 ribu jenis pohon dan tumbuhan lain yang bisa pengunjung lihat. Oleh karena itu Kebun Raya Bogor siap memberikan anda sensasi pengalaman yang menarik dan tentunya seru. Anda bisa berjalan-jalan santai hingga menambah ilmu pengetahuan akan tanaman.

Sebelum pandemi, Kebun Raya Bogor memang selalu terbuka dan ramai dikunjungi khalayak umum khususnya saat akhir pekan (weekend). Namun semenjak merebaknya pandemi covid-19 ke tanah air, objek wisata yang satu ini jadi dilakukan penutupan sementara. Meski demikian kini pengunjung sudah bisa kembali lagi datang ke lokasi objek wisata kebun untuk sekedar liburan atau melepas penat dengan menerapkan sejumlah protokol kesehatan. Perlu dingat bahwa protokol kesehatan meliputi wajib menggunakan masker, menjaga jarak, dan selalu cuci tangan pakai sabun, serta menggunakan hand sanitizer.

Selain itu sebelum berkunjung wisatawan wajib melakukan pembelian tiket masuk secara online. Dalam hal ini wisatawan akan melakukan pembelian tiket masuk melalui situs resmi www.kebunraya.id. Pasalnya selama masa pandemi pihak Kebun Raya Bogor berupaya maksimal untuk mengurangi kontak fisik. Adapun tiket masuk ke Kebun Raya Bogor Jawa Barat senilai Rp 15 ribu.

Ecodome

Edocome adalah sebuah bangunan yang sangat artistik sekaligus menjadi tempat tanaman-tamanan ditata sedemikian rupa. Demi alam yang sehat, bagunan ini juga memiliki pintu iklim sehat yang dapat membersihkan sepuluh ribu meter per kubik udara kotor untuk setiap jamnya. Sementara itu permukaan luar ecodome sudah terlapisi oleh lumut sehingga dapat menjaga air hujan dan juga menyerap bakteri dari udara. Sejuk, indah, dan tenang bisa digambarkan saat anda menyambangi area ecodome.

Nah ada pula spot menarik berupa taman yang bisa dilihat dari kawasan objek wisata Kebun Raya Bogor. Mau tahu apa saja taman-taman tersebut? Berikut rangkumannya untuk anda ketahui.

  • Taman Teijsmann

Taman ini sudah dibangun sejak lama yakni pada tahun 1884 oleh DR. Melchior Treub. Menurut sejarahnya taman ini merupakan bentuk penghargaan kepada Johannes Elias Teijsmann karena jasa-jasanya terhadap perkembangan Kebun Raya Bogor. Bukan hanya itu, sebelumnya pada jaman Belanda taman ini rupanya dibuat sebagai taman mawar bergaya Perancis. Sebab bentuk taman mengikuti pola taman formal Eropa dengan penataan yang simetris. Saat anda berkeliling di taman ini maka di tengah taman anda akan melihat sebuah tugu peringatan yang tidak terlalu tinggi berdiri kokoh. Tugu untuk memperingati jasa Teijsmann terbuat dari batu granit Berlin, Jerman.

  • Taman Soedjana Kassan

Taman yang berlokasi di kawasan Kebun Raya Bogor ini mempunyai kekhasannya sendiri. Ini adalah taman yang dibuat untuk memperingati sosok Sudjana Kassan, salah seorang kurator di Kebun Raya Bogor yang juga sempat menjabat sebagai direktur kebun raya. Secara umum taman ini lebih banyak diminati pengunjung. Lanskap hamparan rumput hijau nan luas lengkap dengan kolam air mancur bergaya klasik selalu menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Terdapat pula gazebo yang bisa wisatawan gunakan untuk beristirahat. Sangat cocok untuk anda yang ingin mengistirahatkan pikiran akibat beban menumpuk dari rutinitas sehari-hari.

  • Taman Orchidarium

Orchidarium adalah sebuah nama taman koleksi dari lingkup Kebun Raya Bogor yang dibuat menyerupai habitat asli. Di sini ada tanaman anggrek hidup yang mampu memanjakan mata dalam sekejap. Dari area Orchidarium anda akan disuguhkan pepohonan yang rindang.

  • Taman Meksiko

Di tempat ini anda akan mendapati banyaknya tanaman kaktus serta spesies lainnya seperti agave, yucca, dan tumbuhan sekulen lain. Menariknya lagi hampir sebagian besar tanaman yang tumbuh di taman Meksiko ini didatangkan dari Amerika Selatan dan Amerika Tengah. Jangan lupa pula untuk menikmati liburan sambil berfoto-foto ria dengan aneka tanaman kaktus berukuran besar.

  • Taman Bambu

Selain mengunjungi taman-taman di atas anda juga bisa mengunjungi taman Bambu yang masih berlokasi di area Kebun Raya Bogor. Di taman Bambu banyak terdapat koleksi berbagai macam tanaman bamboo seperti bambu dendrocalamus gigantius munro dan dendrocalamus asper (schult). Taman Bambu tidak kalah instagramable kok dari lokasi-lokasi kece lainnya.

  • Taman Aquatic

Di taman ini ada banyak koleksi tanaman yang berhabitat di air, misalnya tumbuhan air tergenang, tumbuhan air mengapung, maupun tanaman air terendam sempurna. Saat berkunjung anda juga akan menikmati pemandangan kolam yang selalu bersih dan terawat oleh pihak Kebun Raya Bogor.

Selain menikmati taman-taman yang mempesona dan bersih, wisatawan juga bisa membeli berbagai merchandise yang dijual di sekitar lokasi wisata Kebun Raya Bogor. Atau mungkin ingin membeli oleh-oleh berupa bibit tanaman. Nah di Garden Shop Bogor Botanical Garden yang letaknya di pintu gerbang utama Kebun Raya Bogor menjual aneka bibit tanaman hias. Selain menjual bibit tanaman hias Garden Shop juga menjual bibit tanaman langka, anggrek botolan, kompos, hingga buku-buku pengetahuan dan souvenir lainnya. Saat berkunjung ke sini anda dijamin puas sebelum memutuskan pulang dari areal Kebun Raya Bogor Jawa Barat.