Taman Laut Tumbak adalah salah satu lokasi wisata yang sangat menakjubkan di daerah Sulawesi Utara. Bahkan Taman Laut Tumbak ini sering diburu oleh para pelancong tanah air hingga kalangan turis untuk melakukan kegiatan diving dan liburan ke pantai.

Secara umum menyelam atau selam adalah salah satu kegiatan bertahan di bawah air. Bahkan kegiatan ini sudah termasuk ke dalam cabang olahraga yang terbagi ke dalam dua kategori yaitu menyelam tanpa menggunakan alat bantu pernafasan dan menyelam dengan alat bantu pernafasan.

Di sisi lain sebagaimana diketahui bahwa taman laut berfungsi sebagai tempat perlindungan kawasan atau ekosistem bawah laut. Secara umum taman laut sudah dilindungi oleh pemerintah melalui bidang pariwisata. Sehingga selain sebagai lokasi wisata, taman laut juga sumber kekayaan wisata sebuah negara.

Saat ini kegiatan liburan ke lokasi perairan tengah menjadi favorit orang banyak. Karena tempat ini bisa dikunjungi bersama keluarga hingga hanya bersama teman. Oleh karena itu danau, pantai, maupun taman laut kerap menjadi pilihan yang paling oke.

Sehingga saat anda kepikiran untuk liburan ke Sulawesi Utara maka sebaiknya jangan pernah melewatkan objek wisata Taman Laut Tumbak. Sebab keindahannya mirip dengan apa yang mungkin anda ketahui tentang Taman Laut Bunaken. Adapun lokasi taman laut ini berada di kabupaten Minahasa Tenggara. Untuk bisa sampai ke lokasi, anda harus melakukan perjalanan selama kurang lebih 3 jam dari kota Manado.

Atau bagi wisatawan yang berasal dari luar daerah disarankan mengambil penerbangan menuju bandara Sam Ratulangi, kota Manado. Kemudian sesampainya di kota Manado perjalanan anda bisa langsung dilanjutkan ke lokasi tujuan. Anda pun akan mendapati sebuah desa bernama Tumbak. Desa Tumbak sendiri masuk ke dalam wilayah adminitrasi kecamatan Posumaen, Minahasa Tenggara, provinsi Sulawesi Utara.

Keindahan Pantai Tumbak

Meski belum banyak yang mengetahui keberadaan pantai Tumbak di daerah Sulawesi Utara, tetapi keindahan pantai Tumbak memang sudah tidak perlu diragukan lagi. Lautnya yang membiru serta pemandangan laut yang tenang akan mampu menganyunkan pikiran ke arah yang lebih santai. Oleh karena itu memilih liburan ke pantai Tumbak bukanlah sebuah ide yang buruk. Anda akan menemukan sebuah pesona yang luar biasa menarik. Selain itu liburan ke tempat ini juga bisa menenangkan pikiran dari deretan deadline pekerjaan yang selama ini telah membuat anda pusing. Maka istirahatkan pikiran anda sejenak ke tempat ini.

Surga Bawah Laut

Bagi anda yang kepikiran untuk melakukan kegiatan snorkeling atau diving saat liburan ke pantai, maka pantai Tumbak adalah solusi yang tepat. Jangan ragu akan pesona bawah lautnya. Pasalnya pemandangan bawah laut begitu indah karena terdapat ratusan spesies ikan. Di sana anda akan dapat menemukan berbegai jenis ikan seperti clownfish, angelfish, common lionfish, banggai, zebra lionfish, morish idol, damselfish, dan masih banyak lagi. Bahkan terdapat sekitar 20 spot snorkeling yang kerap menjadi lokasi favorit para pengunjung yang ingin menyaksikan beragam biota laut di pulau ini.

Jam Operasional & Tiket Masuk Pantai Tumbak

Untuk bisa masuk ke lokasi pantai Tumbak, anda dan rombongan akan dikenakan tarif sekitar Rp 5.000,- per orang dan membayar biaya parkir kendaraan senilai Rp 10.000,-. Sedangkan untuk jam operasionalnya, pantai Tumbak tidak memiliki batasan waktu alias pengunjung bisa datang kepanpun. Karena pantai akan selalu terbuka untuk umum 24 jam.

Sementara itu untuk menjelajahi laut sembari menikmati keindahan alam yang terpancar dari permukaan laut, di area pantai tersedia perahu-perahu yang dapat menampung hingga 15 orang dengan biaya sewa sebesar Rp 800 ribu/per hari. Jika dilihat dari harga atau biaya sewanya memang agak mahal namun harga tersebut sudah sebanding dengan apa yang akan anda nikmati sekaligus sudah termasuk jasa pemandu lokal.