Pantai Iboih berada di ujung barat pulau Sumatera, tepatnya di kecamatan Sukakarya, kota Sabang, Aceh, Indonesia. Di pantai ini, anda akan dapat menikmati panorama yang sangat memukau. Karena di pantai ini kecantikan alamnya masih begitu alami. Air lautnya begitu jernih dan membiru. Apalagi ketika anda memutuskan untuk menyelam. Sudah pasti anda akan disambut dengan kerajaan bawah laut yang sangat menawan. Sangat elok untuk dipandang mata.

Objek wisata pantai Iboih Sabang juga menawarkan sejumlah fasilitas dan ragam kegiatan. Sehingga sangat cocok untuk anda yang sedang mencari ketenangan dari hiruk pikuk rutinitas yang membosankan. Oleh karena itu anda bisa datang ke lokasi wisata bersama teman maupun kerabat. Atau mungkin anda ingin mengajak seluruh anggota keluarga untuk berjalan-jalan ke pantai Iboih. Karena jalan-jalan bersama keluarga dapat menambah keceriaan serta kehangan keluarga. Lalu berkeliling di sekitar Pantai Iboih Sabang, Aceh juga bisa menambah pengalaman berlibur anda, apalagi jika baru menginjakkan kaki ke sini.

Selain menikmati suasana yang tenang dan sejuk, di pantai Iboih juga terdapat aneka kuliner berupa hasil laut yang diolah menjadi makanan lezat. Jadi anda tak perlu khawatir bila perut terasa lapar setelah bermain di sekitar pantai.

Panduan Menikmati Liburan di Pantai Iboih Sabang

Agar pengalaman liburan anda semakin lengkap dan sangat berkesan maka anda bisa melakukan hal-hal di bawah ini.

  • Nantikan Sunrise

Mulai pukul 06:00 WIB pagi, sang surya akan terbangun dari tidurnya. Lantas secara perlahan akan menunjukkan sinarnya yang terpancar dari balik perbukitan. Suasana seperti ini cocok untuk anda si pemburu sunrise.

  • Sarapan di Dermaga Iboih

Di sekitar pantai Iboih Sabang terdapat dermaga dan restoran mini yang berhadapan langsung dengan laut. Jadi sembari mengisi perut dengan aneka kuliner menarik anda bisa melihat langsung laut biru. Rasakan pula angin sejuk yang berlalu-lalang di sekitar kulit anda.

  • Jangan Lewatkan Aktivitas Snorkeling

Untuk menambah pengalaman liburan, sebaiknya jangan lewatkan aktivitas snorkeling. Pasalnya snorkeling merupakan cara terbaik untuk menikmati keindahan bawah laut. Di dasar laut anda bisa mengambil foto, bercengkrama dengan ikan-ikan hias dan unik, serta melihat karang. Untuk biaya snorkeling juga tidak terlampau mahal. Hanya dengan sekitar Rp 45 ribu saja anda sudah bisa menyewa perlengkapan lengkap snorkeling. Dan ini berlaku untuk seharian lho! Namun bagi anda yang ingin lebih puas serta leluasa menikmati keindahan bawah laut, anda bisa menyewa alat diving sekaligus pendamping. Biayanya sekitar Rp 400 ribu/orang.

  • Menikmati Kuliner Sate Gurita

Berkunjung ke Sabang masih terasa belum lengkap bila tak mencicipi aneka kuliner yang disajikan. Salah satu menu hidangan laut yang sangat enak untuk anda nikmati adalah sate gurita. Sate ini biasanya disajikan dengan paduan bumbu kacang, bumbu padang, maupun bumbu kecap. Karena penting juga untuk memanjakan lidah.

  • Jangan Lupakan Kamera

Ada begitu banyak spot foto menarik di sekitar pantai Iboih Sabang, Aceh. Oleh sebab itu jangan lupa untuk membawa kamera paling canggih yang anda punya. Lakukan pembidikan objek-objek yang menjadi daya tarik pantai Iboih.

RUTE MENUJU PANTAI IBOIH

Bagi anda yang tertarik untuk menghabiskan masa liburan ke pantai Iboih Sabang, akses menuju lokasi wisata sangatlah mudah. Perjalanan anda bisa dimulai dari pelabuhan Ulee Lheau, Aceh. Kemudian beranjak menuju pelabuhan Balohan. Pelabuhan Balohan merupakan pelabuhan penyeberangan terakhir dan dari sini anda bisa melanjutkan perjalanjan untuk menuju objek wisata bahari pantai Iboih. Dari daerah pelabuhan Balohan anda tidak pergi menggunakan kapal atau perahu melainkan menggunakan angkutan umum setempat. Jenis angkutan umum yang tersedia yaitu becak motor. Namun jika anda mau merogoh kocek yang sedikit lebih besar maka anda dan rombongan liburan bisa menggunakan taxi. Rentang waktu menuju lokasi sekitar 1 jam perjalanan karena jaraknya kurang lebih 30 km.

Sementara itu tempat wisata ini juga menawarkan tiket masuk pantai secara gratis, kecuali fasilitas yang ditetapkan. Silahkan mengunjungi pantai ini kapanpun karena pantai ini terbuka untuk umum setiap hari.