Taman Nasional Wakatobi terletak di kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara. Taman ini memiliki segudang pesona sehingga sering dikunjungi para wisatawan lokal hingga mancanegara. Bahkan banyak pula yang menyebut Taman Nasional Wakatobi merupakan objek wisata terbaik di tanah air Indonesia. Bahkan hampir seluruh perairan Wakatobi bisa menjadi tempat menyelam dan snorkeling.

Taman Nasional Wakatobi Sulawesi Tenggara memiliki luas area 1,39 juta ha dan didirikan pada tahun 2002. Dan di taman nasional yang satu ini terdapat panorama keindahan alam bawah laut. Tentu hal ini sering menjadi incaran para wisatawan. Selain itu bagi anda yang ingin melihat tanaman terumbu karang secara langsung maka anda bisa pergi ke Taman Nasional Wakatobi. Sebab ada 25 gugusan terumbu karang yang tumbuh dengan 112 jenis.

Oleh karena itu bagi anda yang berniat merencanakan liburan ke luar kota khususnya ke Wakatobi maka taman nasionalnya bisa anda pertimbangkan. Jadi tunggu apa lagi? Destinasi atau objek wisata yang satu ini cocok untuk anda kunjungi bersama keluarga maupun teman. Atau mungkin anda sedang merencanakan liburan bersama teman lama atau hanya untuk sekedar reuni. Lokasi ini juga bisa menjadi alternatif pilihan.

Nama Wakatobi sebenarnya memiliki keunikan tersendiri yakni merupakan akronim dari 4 pulau utama antara lain Wangiwangi, Kalidupa, Tomia, dan Binongko. Maka selain unik, Wakatobi memang salah satu surga dunia yang tiada tara. Bahkan keindahan serta kekayaan kawasan ini sudah terkenal hingga ke mancanegara terutama setelah adanya ekspedisi Wallacea dari Inggris pada tahun 1995.

Perjalanan Ke Taman Nasional Wakatobi

 

Perjalanan ke Wakatobi dapat menggunakan sarana transportasi kapal laut ataupun pesawat. Namun bagaimanapun perjalanan menggunakan pesawat terbang dapat meminimalisir waktu perjalanan tetapi biayanya tentu lebih mahal dari anda yang memilih menggunakan sarana transportasi kapal laut. Jika anda bertolak dari Makassar ke Wakatobi, waktu tempuh yakni bisa lebih dari 10 jam. Oleh karena itu semua bergantung terhadap penyesuaian budget anda.

Fasilitas

Wakatobi kini menjadi objek wisata internasional berkat fasilitas yang dimiliki. Jangan kjawatir saat mengunjungi lokasi ini. Pasalnya fasilitas jalan sudah memadai, begitu juga dengan taksi yang sudah lumayan jumlahnya. Selain itu terdapat pula aneka tempat makan atau resto yang tergolong bersih di areal sekitar penginapan. Sebagai informasi untuk anda, penginapan yang ada di Wakatobi cukup bervariasi, mulai dari harga Rp 100 ribu per malam Rp 500 ribu per malamnya. Jadi anda bisa menyesuaikan sendiri dengan biaya yang anda anggarkan saat liburan.

Kaum milenial biasanya suka aktivitas snorkeling karena belakangan snorkeling menjadi salah satu kegiatan liburan yang kekinian dan memang sedang tren. Oleh karena itulah jangan sampai melewatkan momen untuk menikmati aktivitas snorkeling. Atau jika anda tidak bisa menyelam maka cobalah untuk melihat lumba-lumba yang muncul di atas permukaan laut. Adapun yang menjadi tempat terbaik untuk dapat melihat hewan raksasa berjenis lumba-lumba ini yakni dari pelabuhan Mola Raya. Anda dan rekan liburan bisa mencapai lokasi ini hanya dalam waktu kurang dari setengah jam atau sekitar 20 menit saja. Nantinya gunakan perahu sewaan dari kota Wanci, Wangiangi.

Kendati demikian hal yang paling penting saat menikmati alam dan mendapatkan spot foto terbaik yaitu tidak melupakan kamera. Karena seperti sudah menjadi pola kebutuhan penting untuk mengabadikan setiap momen liburan. Pesona Taman Nasional Wakatobi memang sungguh menakjubkan!!