Jakarta memang terkenal dengan susunan gedung yang berdiri megah dan menjulang tinggi namun tahukah anda bahwa sebenarnya ada begitu banyak destinasi wisata di Jakarta? Menghabiskan masa liburan di Jakarta bukan hanya sekedar pergi ke mall saja melainkan anda bisa menyambangi sejumlah museum di sana. Salah satu museum yang cukup terkenal dan sempat viral beberapa waktu lalu adalah museum MACAN atau The Museum of Modern and Contemporary Art in Nusantara.

Tidak seperti namanya, museum ini merupakan sebuah museum seni yang memiliki akronim The Museum of Modern and Contemporary Art in Nusantara. Dimana lokasinya bertempat di daerah Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Atau lebih tepatnya museum ini berada di AKR Tower Level MM, Kebon Jeruk, DKI Jakarta. Sebuah fakta menarik dari museum MACAN yaitu berisi karya seni hasil koleksi pribadi. Lebih spektakulernya lagi museum ini menampilkan sekitar 90 karya seni dari 800 karya seni Indonesia dan kontemporer modern. Haryanto Adikoesoemo mendirikan museum ini sejak 07 november 2017 karena ingin meningkatkan apresiasi masyarakat terhadap seni. Sehingga kehadiran museum MACAN inipun menjadi angin segar bagi para pelancong maupun wisatawan. Selain itu museum MACAN juga telah melengkapi wisata seni di Indonesia meski baru berdiri.

Sebelumnya banyak orang yang sudah berbondong-bondong datang ke The Museum of Modern and Contemporary Art in Nusantara untuk menilik berbagai koleksi pribadi dalam museum yang didirikan Haryanto Adikoesoemo. Bahkan para wisatawan khususnya kaum milenial kerap mengabadikan momen di sana. Mereka datang membawa kamera masing-masing untuk berfoto dan mengambil cuplikan video terbaik sebagai dokumentasi masing-masing. Ini karena museum MACAN juga menyuguhkan spot foto menarik nan kekinian. Lantas apa saja yang bisa kita nikmati saat liburan ke museum MACAN?

  • Great Organic Pumpkin

Museum MACAN Jakarta Barat

Great organic pumpkin merupakan karya yang paling populer di kawasan museum MACAN. Ada banyak sekali orang-orang yang berfoto di ruangan ini dan mengunggahnya ke berbagai media sosial. Replika labu polkadot raksasa yang dibuat oleh seniman Yayoi ini sangat memiliki daya tarik tersendiri.

  • Floating Garden

Museum MACAN Jakarta Barat

Ruangan yang memiliki konsep desain floating garden ini cocok dikunjungi keluarga yang datang bersama anak-anak. Di dalamnya terdapat cetakan aluminium berbentuk tumbuhan, hewan, serta manusia. Selain itu terdapat pula lukisan bulat kecil penuh warna. Jadi saat memasuki ruangan ini jangan sampai lupa mengabadikan gambar dari karya seniman Entang Wiharso.

  • Infinity Mirrored Room

Museum MACAN Jakarta Barat

Sebuah ruangan kubus berhias lampu warna-warni menjadi salah satu spot favorit pengunjung. Adapun infinity mirrored room ini adalah hasil karya seorang seniman Jepang bernama Yayoi Kusama. Seluruh bagian ruangan dipasang cermin sehingga mampu menciptakan efek dimensi penuh warna yang tak terbatas.

  • Narcissus Garden

Museum MACAN Jakarta Barat

Karya lain dari seniman Jepang, Yayoi Kusama ini juga menjadi favorit para pengunjung di The Museum of Modern and Contemporary Art in Nusantara. Di ruangan ini anda akan melihat deretan bola perak yang sangat banyak menggelinding di lantai. Sehingga bisa memantulkan bayangan layaknya cermin. Ruangan ini sangat bagus untuk membidik sebuah objek untuk dipamerkan di media social.

  • Classic Coffee Shop

Bila sudah lelah mengelilingi museum MACAN maka anda bisa menyinggahkan langkah ke coffee shop. Di tempat ini anda bisa bersantai sembari menikmati secangkir kopi dengan suguhan nuansa klasik. Lebih kerennya anda juga bisa melihat pemandangan kota Jakarta dari dinding kaca coffee shop.

Sementara itu bukan hanya itu saja yang bisa pengunjung lihat saat liburan ke museum MACAN. Para pengunjung dapat mengamati langsung berbagai macam koleksi lukisan, seni pertunjukan dan instalasi, dan lain sebagainya.

Jam Operasional

Museum MACAN buka setiap hari kecuali hari senin. Namun anda perlu memperhatikan jam buka operasionalnya untuk dapat menyesuaikan waktu kedatangan. Objek wisata museum MACAN menerima pengunjung mulai pukul 10:00 WiB s/d pukul 19:00 WIB.

Harga Tiket Masuk

Setelah mengetahui jam buka operasional museum maka anda juga perlu mengetahui harga tiket masuknya. Harga tiket bervariasi bergantung kategori usia pengunjung.

Kategori anak di bawah 3 tahun         : gratis

Kategori usia 3 – 12 tahun                  : Rp 80.000,-

Kategori pelajar dan lansia                : Rp 90.000,-

Kategori dewasa                                 : Rp 100.000,-

Namun penjualan tiket masuk museum ditutup pada pukul 18:00 WIB. Oleh karena itu sesuaikan waktu anda untuk berkunjung ke museum seni nan kekinian yang satu ini. Demi menghindari kepadatan pengunjung, anda bisa datang pada hari selasa, rabu, kamis, atau jumat. Jadi apakah anda sudah merencanakan liburan ke museum MACAN?