Kota Tua Jakarta sejauh ini masih menjadi favorit banyak orang untuk menghabiskan masa liburan, khususnya bagi pendatang yang baru pertama sekali menginjakkan kaki ke ibukota Jakarta. Selain nama Kota Tua Jakarta, lokasi wisata ini juga dikenal dengan sebutan Batavia Lama (Oud Batavia).

Kawasan Kota Tua Jakarta hanya memiliki luas 1,3 km persegi yang melintasi Jakarta Barat dan Jakarta Utara. Menurut sejarah, pada tahun 1972 gubernur Jakarta saat itu, Ali Sadikin mengeluarkan dekrit yang menyatakan secara resmi bahwa Kota Tua termasuk sebagai salah satu situs warisan era kolonial Belanda. Selain itu keputusan ini juga difungsikan untuk melindungi sejarah arsitektur kota.

Ada banyak destinasi atau spot wisata yang berada dalam kawasan Kota Tua Jakarta. Yang paling populer bagi masyarakat adalah museum Fatahillah, museum Wayang, dan juga cafe Batavia. Namun selain daripada objek tersebut, masih banyak pula objek wisata lainnya yang bisa dikunjungi oleh pendatang maupun turis mancanegara.

DESTINASI WISATA DI KOTA TUA

  • Museum Fatahillah

Museum Fatahillah menjadi ikon wisata Kota Tua Jakarta yang tak boleh dilewatkan saat liburan ke DKI Jakarta. Pasalnya bangunan lama ini memiliki gaya arsitektur yang mirip dengan Istana Dam yang ada di Belanda. Pengunjung bisa melihat dan merasakan secara langsung sensasi berada di dalam ruang-ruang pengadilan serta ruang bawah tanah. Oh iya sebagai informasi, ruang bawah tanah ini dulunya dijadikan sebagai penjara lho. Selain masuk ke ruang bawah tanah, anda dan keluarga juga bisa bermain sepeda ontel di taman museum Fatahillah.

Untuk bisa memasuki spot wisata ini pengunjung harus memperhatikan jam operasional yaitu buka mulai pukul 09:00 WIB s/d pukul 15:00 WIB. Tetapi lokasi ini tutup di hari senin ya, jadi sebaiknya datang saja di hari lain selain hari senin, Kemudian jangan lupa pula manfaatkan kamera untuk mengabadikan setiap sudut dan momen saat berada di objek wisata Museum Fatahillah Kota Tua.

  • Cafe Batavia

Bila sudah lelah berjalan-jalan di sekitaran Kota Tua maka cafe Batavia cocok sebagai tempat istirahat sejenak dengan duduk bersantai sembari menikmati makanan dan minuman. Jangan khawatir cafe Batavia tidak terlalu menyuguhkan makanan berharga mahal sebab di sana tersedia makanan mulai dari harga Rp 20.000,- hingga yang berharga Rp 200.000,-.

  • Toko Merah

Toko Merah ini diklaim sebagai bangunan tertua di kawasan Kota Tua Jakarta. Anda bisa lihat warnanya sungguh mencolok akan tetapi bangunan berjendela tinggi ini kerap mencuri perhatian. Oleh karena itu bangunan inipun sering pula dijadikan sebagai spot foto yang tak kalah menarik dari spot lainnya.

  • Museum Wayang

Selain museum Fatahillah, masih ada museum lainnya yang berada di kawasan Kota Tua Jakarta. Di objek wisata yang satu ini wisatawan dapat melihat berbagai koleksi wayang dari berbagai jaman.

Jam Operasional Buka: Pukul 08:00 WIB s/d 17:00 WIB

Hari Tutup: Senin

  • Jembatan Kota Intan

Jembatan ini juga tak boleh anda lewatkan saat berwisata ke kawasan Kota Tua. Desainnya yang vintage sangat cocok sebagai spot foto bersama rekan wisata. Berdasarkan sejarah, jembatan ini dulunya dibangun oleh masa pemerintahan VOC.

  • Museum Bank Indonesia

Sembari berwisata sempatkan pula sambil belajar dan menambah pengalaman. Di sini anda bisa melihat langsung bagaimana perjalanan sistem pertukaran mata uang dan perbankan di Nusantara. Museum ini juga bergaya khas kolonial sehingga menjadi daya tarik tersendiri bagi pelancong maupun turis atau wisatawan. Untuk bisa masuk ke museum Bank Indonesia, anda hanya cukup merogoh kocek Rp 5.000,- sebagai biaya tiket masuk.

  • Fasilitas Umum Lainnya

  1. Area parkir
  2. Penjual Makanan
  3. Sepeda sewaan
  4. Dll

JAM BUKA & TIKET MASUK WISATA KOTA TUA

Jam buka di kawasan Kota Tua tidak terbatas alias 24 jam. Dengan demikian pengunjung bisa bebas datang pada jam berapa saja. Namun untuk rekomendasi waktu terbaik sebaiknya datang saja pada sore hari sekitar puku; 16:00 WIB.

Tiket Masuk: Rp 1.000,- hingga Rp 2.500,-/orang

AKTIVITAS

  • Bermain
  • Berfoto
  • Berjalan-jalan
  • Bermain sepeda
  • Kuliner

Tips:

Ada baiknya saat berwisata membawa kamera, sun block, kacamata, maupun payung.