SantaiBanget – Sumatera Utara memang memiliki berbagai keindahan alam yang menyejukkan hati dan pikiran mulai dari danau hingga pulaunya. Salah satunya Pesona pulau Mursala yang berada di tapanuli Tengah.

Pulau Mursala merupakan pulau terbesar yang ada di Kabupaten Tapanuli Tengah dan sempat membuat produser film Hollywood terpesona dengan keindahan alamnya untuk mengambil shooting film di pulau ini.

Pulau yang indah ini seluas 8.000 hektar berjarak sekitar 22,5 km dari Kota Sibolga dan masuk ke wilayah Kecamatan Tapian Nauli, Kabupaten Tapanuli Tengah, Propinsi Sumatera Utara.

Keindahan yang ada pada Pulau Mursala

Pulau Mursala dikelilingi oleh hamparan pasir pusir yang indah.

Saat anda tiba di Pulau Mursala, Anda akan disambut dengan ramah oleh penduduk lokal. Biasanya warga sekitar juga akan menawarkan jasa guiding atau pemandu wisata.

Jika Anda ingin menjelajahi Pulau Mursala tanpa ada pemandu wisata juga tidak masalah, asalkan Anda harus bersikap sopan dan ramah kepada penduduk.

Bagi Anda yang ingin berwisata ke Pulau Mursala, juga perlu memperhatikan kebersihan, dan ada peraturan khusus yang mengharamkan turis membuang sampah sembarangan.

Pulau Mursala memang merupakan salah satu pulau yang indah dan eksotis. Salah satu objek yang membuat Pulau Mursala semakin indah, yaitu air terjunnya. Jarang-jarang Anda dimanjakan dengan keindahan air terjun yang bersih dan dangkal. Banyak wisatawan yang berenang menikmati kesegaran air terjun ini. Letaknya berada di bagian Pulau Mursala yang berhadapan langsung dengan Samudera Hindia. Aliran air terjun Pulau Mursala akan mengalir langsung ke laut.

Air terjun seperti ini sangat langka dan jarang ditemui di dunia, inilah mengapa banyak turis asing tertarik pergi ke pulau hanya untuk menikmati air terjunnya. Di Indonesia sendiri, hanya ada 2 jenis air terjun yang alirannya mengalir langsung ke laut. Selain di Pulau Mursala, air terjun lainnya berada di Kabupaten Halmahera Barat, Provinsi Maluku Utara, dengan nama Air Terjun Kahatola.

Air Terjun Pulau Mursala ini berasal dari aliran sungai paling pendek di dunia dengan lebar 400 m dan panjang 700 m. Air sungai tersebut mengalir melalui batuan granit yang berada di tebing pulau. Aliran air yang menjadi satu dengan air terjun dan bebas menuju laut menciptakan pemandangan alam yang memesona.

Fasilitas

Untuk fasilitas pada objek wisata masih kurang, karena belum dibangun benar-benar masih alami. Sehingga bagi pengunjung bisa membawa bekal makanan dan minuman apabila takut merasa lapar atau haus.

Saat anda menyebrang kembali ke kota Sibolga, anda dapat menemukan penginapan atau hotel dengan tarif yang bervariasi, tempat beribadah, dan tentunya restoran atau warung.

Anda juga bisa sekalian melakukan wisata kuliner karena makanan yang ditawarkan kebanyakan makanan khas dari Pulau Sumatera salah satunya adalah Ikan Mas na niura, makanan ini terkenal sebagai hidangan untuk raja-raja. Karena rasanya yang sangat enak, masyarakat Batak pun penasaran ingin mencobanya juga, dan hal itu yang membuat makanan ini jadi khas orang Batak.

Akses Lokasi

Pulau Mursala terletak di daerah Kabupaten Tapanuli Tengah, Sumatera Utara, tepatnya berada di Kecamatan Tapian Nauli, Tapanuli Tengah dan berada di sebelah barat daya Kota Sibolga, berjarak sekitar 22,5 km dari Pandan, Tapanuli Tengah. Secara geografis, Pulau Mursala memiliki luas sekitar 8.000 hektar.

Jika Anda ingin menuju Pulau Mursala, Anda dapat melewati Pandan atau Sibolga menggunakan kapal untuk melintasi Teluk Tapanuli. Sebelumnya, untuk mencapai Kota Sibolga, Anda bisa menumpang pesawat terlebih dahulu dari Bandara Soekarno-Hatta Jakarta menuju Bandara Ferdinand Lumban Tobing Sibolga. Ada juga alternatif yang lebih dekat, Anda bisa mencoba melewati Kota Medan. Walaupun lebih dekat, jika Anda melewati Medan, maka Anda perlu transit terlebih dahulu.

Dari Kota Medan, Anda baru bisa melanjutkan penerbangan ke Sibolga dengan waktu tempuh kurang lebih 1 jam. Jika Anda seorang backpacker atau traveling dengan ingin berhemat, Anda bisa menggunakan transportasi darat dari Kota Medan menuju Sibolga dengan waktu tempuh 8 jam. Setelah tiba di Kota Sibolga. Anda harus menyewa perahu atau boat untuk mencapai Pulau Mursala.

Objek Wisata

Pulau Jambe.

Perairan dangkal dekat Pulau Mursala dengan pemandangan laut yang indah dan cocok untuk snorkeling.

Teluk Labuan Hunik.

Tempat yang paling digemari banyak wisatawan asing untuk berenang dan snorkeling karena pemandangan laut yang indah dan tidak terlalu berkarang.

Pulau Silabu Na Menek.

Tempat unik dengan batu berbentuk burung di ketinggian 70 m dpl dengan nama Batu Burung Garuda.

Laguna.

Di Pulau Mursala, terdapat laguna dengan pantai pasir putih yang menyatu di antara Silabu-labu Na Godang dan Pulau Kalimantung Na Menek.

Kisaran Biaya

Dari Sibolga ke Pulau Mursala, Anda bisa menyewa perahu boat dengan tarif mulai Rp1,3 jutaan per perahu. Perahu ini bisa Anda jumpai dengan mudah di sekitar pelabuhan Sibolga menuju Pulau Mursala. Anda juga bisa menggunakan perahu biasa dengan tarif sekitar Rp1 jutaan per perahu. Ada baiknya Anda pergi ke pulau bersama banyak orang agar tarif perahu dapat lebih murah.