Pantai Tanjung Tinggi merupakan sebuah destinasi wisata berupa pantai yang diapit oleh dua buah semenanjung, yakni tanjung kelayang dan tanjung Pendam. Menurut wikipedia, nama Tanjung Tinggi diambil dari kata ‘tanjung’ yang berarti semenanjung sedangkan ‘tinggi’ bermakna pantai yang memiliki bebatuan tinggi.

Nah bagi anda yang sedang merencanakan liburan pergi ke pantai kekinian maka pantai Tanjung Tinggi di Bangka Belitung dapat menjadi solusi maupun rekomendasi pilihan tujuan wisata anda. Dijamin anda akan menuai keseruan bersama pasangan maupun rekan saat menyambangi destinasi wisata pantai Tanjung Tinggi.

Pasalnya perpaduan hamparan pasir putih nan bersih dengan bebatuan granit beragam ukuran serta air laut jernih dan desiran ombak pantai menenangkan sudah pasti mampu memunculkan panorama pantai yang terlihat begitu sempurna. Sehingga oleh karena nuansa ini jugalah yang menjadikan pantai Tanjung Tinggi Belitung sebagai salah satu pantai favorit para pelancong maupun traveler. Bahkan lebih istimewanya lagi, pantai ini rupanya sempat menjadi lokasi syuting film terkenal Laskar Pelangi dan film Sang Pemimpi. Jadi tak jarang pula pantai ini disebut para wisatawan sebagai pantai Laskar Pelangi.

Selain itu saat menjelang sunset di pantai Tanjung Tinggi Belitung merupakan momen paling indah pantai, dimana sang surya akan beranjak kembali ke peraduannya. Kemudian tersemburatlah pesona serta kemolekan langit senja yang membias di wajah penikmat senja. Maka pada momen ini jangan sampai melewatkannya. Ambil beberapa bidikan siluet untuk menghiasi media sosial dan sebagai kenang-kenangan. Setelah itu nikmati pengalaman bermain di pantai.

  • Lokasi Pantai

Pantai Tanjung Tinggi berada di kecamatan Sijuk, kabupaten Belitung, kepulauan Bangka Belitung. Wisatawan bisa memulai titik perjalanan dari pusat kota Tanjungpandan dan akan menempuh jarak 37 km untuk bisa sampai ke lokasi pantai.

Lihat Juga: Liburan Anti Mainstrem Ke Timang Beach Yogyakarta

  • Jam Operasional Lokasi Wisata

Wisata pantai ini buka setiap hari selama 24 jam. Jadi bagi anda yang sedang merencakan libur akhir pekan atau hanya untuk sekedar menghabiskan masa cuti, anda tak perlu khawatir. Sediakan saja waktu yang tepat bagi anda untuk bermain ke pantai dan menikmati suasana alam pantai yang menyenangkan.

  • Biaya Masuk Lokasi

Tiket masuk ke lokasi pantai dipatok sebesar Rp 10.000,-/orang. Lalu bila anda membawa kendaraan ke lokasi pantai maka tentunya akan dikenakan biaya atau tarif parkir.

  • 4 Kegiatan Seru yang Bisa Dilakukan

Berwisata ke pantai Tanjung Tinggi merupakan ide yang sangat baik. Oleh sebab itu yuk langsung saja simak apa saja kegiatan seru yang bisa dilakukan di lokasi pantai keren yang satu ini.

a. Snorkeling dan Diving

Bagi anda yang hobi jalan-jalan, snorkeling maupun diving, fotografi, serta penikmat senja maka pantai Tanjung Tinggi sudah tak boleh lagi untuk anda lewatkan. Di pantai ini bukan hanya airnya saja yang jernih tetapi juga habitat bawah lautnya tak kalah memesona dari pantai-pantai keren lainnya. Anda akan bisa mendapati pemandangan bawah laut yang begitu elok dan memanjakan mata. Anda bisa melakukan kegiatan diving maupun snorkeling dengan rekan anda secara optimal.

b. Melakukan Relaksasi

Anda bisa melakukan relaksasi dan menghilangkan penat yang mengganggu dengan berenang di sekitar pantai. Selain itu anda juga bisa menikmati beberapa spot yang tersedia didukung dengan fasilitas lengkap yang cukup mumpuni. Sebab di kawasan pantai Tanjung Tinggi sudah tersedia hotel, tempat makan, toilet, bahkan mushola. Sehingga pengunjung tidak perlu khawatir bila memutuskan untuk menginap di sekitar lokasi pantai.

c. Menciptakan Potret Siluet Kala Senja

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, pantai ini menawarkan keindahan sore menjelang malam yang tiada tara. Jadi pastikan anda dan rombongan membawa kamera terbaik untuk menciptakan potret siluet kala senja sudah mulai menyapa.

d. Menikmati Sarana Pendukung

Pantai ini memiliki sarana pendukung yang mampu memuaskan para wisatawan. Di sekitar pantai terdapat kano, dayung-dayung karet, serta ban yang bisa disewa oleh pendatang. Untuk menyewa perahu karet, pengunjung cukup membayar sebesar Rp 50.000,- untuk sekali sewa perahu.