Kawah Putih Tinggi Raja merupakan sebuah objek wisata keren yang terdapat di kawasan cagar alam Dolok Tinggi Raja, kecamatan Silao Kahean, kabupaten Simalungun, provinsi Sumatera Utara. Meski lokasinya agak pelosok akan tetapi sudah banyak pengunjung yang datang ke tempat ini, baik pengunjung dalam daerah maupun luar daerah. Sebab tempatnya bagus untuk diabadikan ke dalam sebuah jepretan kamera.

Para traveler akan menemukan pesona yang tiada tara dari tanah Sumatera, yang juga tak kalah bandingannya dari objek wisata lain di luar pulau Sumatera. Sehingga bagi anda yang suka menjelajah atau berpetualang maka tak ada salahnya menginjakkan langkah ke Kawah Putih Tinggi Raja ini. Bahkan saking kerennya, kawasan cagar alam yang satu ini sering disebut-sebut mirip hot spring Pamukkale di Turki.

Kawah putih ini berada dalam hutan lindung dan memiliki batu kapur berwarna putih serta danau air panas berwarna biru kehijauan. Anda akan dibuat manja oleh suasana alam di lokasi kawah putih ini. Adapun air panas yang mengisi danau tersebut berasal dari bukit-bukit kecil di kawasan kawah. Air juga mengalir menuju sungai Bah Balakbak yang berbatu. Hal menarik lainnya yaitu kondisi airnya sangat jernih. Jika pengunjung ingin merasakan sensasi mandi di alam terbuka, maka pengunjung bisa mandi dan berenang pada titik pertemuan air danau panas dan air sungai dingin.

Sebagai informasi, menurut sebuah sumber sebenarnya pada awalnya masyarakat dilarangan sembarangan masuk ke Tinggi Raja karena statusnya sebagai cagar alam. Bahkan larangan tersebut mengacu pada ketentuan UU No 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya. Serta Peraturan Pemerintah No 28 Tahun 2011 tentang Pengelolaan Kawasan Suaka Alam dan Kawasan Pelestarian Alam. Namun meski ada peraturan yang mengatur, pengunjung saat itu masih saja banyak yang berdatangan ke lokasi Tinggi Raja. Hingga akhirnya pada bulan september 2018, pemerintah melalui Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan pun mengubah sebagian status cagar alam menjadi taman wisata alam. Sebanyak 36,5% dari total luas lokasi cagar alam Dolok Tinggi Raja Sumatera Utara berubah status jadi taman wisata alam yang bisa dikunjungi para penjelajah maupun wisatawan.

Hingga kini potret mengenai keindahan Kawah Putih Tinggi Raja Sumatera Utara sudah banyak terunggah di media sosial, baik lewat facebook, twitter, hingga instagram. Sehingga ini jugalah yang menjadi salah satu daya tarik orang lain untuk berdatangan ke lokasi wisata kawah.

Biaya Masuk Lokasi

Saat hendak memasuki kawah putih, pengunjung tidak dikenakan bea masuk akan tetapi dikenakan biaya parkir sebesar Rp 5.000,- dengan jam operasional mulai pukul 09:00 s/d 17:00 WIB.

Akses Menuju Lokasi

Kawah Putih tak hanya ada di Jawa Barat saja tetapi Sumatera Utara juga punya surga dunia untuk dinikmati melalui lokasi wisata perkawahannya. Nah untuk bisa sampai ke lokasi objek wisata Kawah Putih Tinggi Raja Sumatera Utara dibutuhkan perjalanan yang lumayan ekstra. Sebab jalur ke sana masih didominasi dengan jalanan rusak dan berbatu sehingga para pengunjung harus hati-hati saat berkendara. Nantinya pengunjung membutuhkan waktu sekitar 3 jam atau lebih supaya dapat sampai ke lokasi. Namun perhitungan waktu tersebut bisa berbeda kala musim hujan. Perjalanan berkali-kali lipat bisa lebih sulit lagi dan cukup ekstrem.

Jika anda memulai titik perjalanan dari kota Medan maka rute yang akan anda lewati yaitu dari Medan melakukan perjalanan kek Dolok Merangir-Tebing Tinggi-Dolok Masihul. Lalu lanjutkanlah perjalanan anda melalui Silau Dunia ke Negeri Dolok dan Silau Kahean. Setelah itu anda juga harus melewati Nagari Dolok Morawa sebelum sampai ke Dolok Tinggi Raja. Bagi pecinta petualangan maka bisa mencoba destinasi ini.