Kampung Turis Karawang merupakan sebuah kawasan wisata yang berletak di daerah Karawang yakni kampung Parakan Badak, desa Mekarbuana, Tegalwaru, kabupaten Karawang Jawa Barat. Yang mana lokasi ini memantulkan suasana khas pedesaan. Mungkin saat mendengar namanya sudah terbesit di benak anda bahwa Kampung Turis ini dihuni oleh para turis atau hal-hal yang lainnya yang menyangkut turis. Namun Kampung Turis yang berada di daerah Karawang Barat ini sebenarnya sebuah lokasi wisata yang cocok untuk kegiatan outbound maupun gathering perusahaan. Sebab lokasinya sangat asri, sejuk, dan cukup lapang. Anda juga akan menemukan aneka spot bersantai yang indah di sana. Selain itu objek wisata ini juga bisa sebagai tempat persinggahan anda untuk sekedar melepas penat dari padatnya rutinitas dan pekerjaan sehari-hari.

Fasilitas Kampung Turis Karawang

Objek wisata yang satu ini memiliki ikon utama yang khas yakni perbukitan dan hamparan sawah yang membentang indah menyegarkan mata. Di samping itu terdapat pula aneka wahana dan spot foto yang menyempurnakan suasana liburan anda. Kampung Turis Karawang menyediakan wahana bermain seperti kolam renang hingga villa. Ada pula resto serta aula di kawasan ini.

Jika anda datang bersama dengan keluarga besar ataupun dari kelompok organisasi maka rombongan pengunjung bisa menikmati fasilitas outboud hingga fun games. Bagi orang yang suka memancing di kawasan ini juga tersedia fasilitas memancing, yakni kolam pancing. Ini pastinya seru untuk dilakukan bersama keluarga. Sebab berburu ikan itu terkadang mengasyikkan meski kerap menguji banyak kesabaran dan keheningan.

Kemudian selain dari fasilitas-fasilitas tadi anda dan keluarga maupun kerabat juga bisa menikmati wahana wisata air, taman bermain, camping ground, dan juga futsal. Nantinya setelah cukup lelah menikmati pemandangan dan bermain, bersantap kuliner bisa menjadi opsi paling tepat. Jangan khawatir ya makan siang di lokasi ini tentu menampilkan sensasi kuliner yang berbeda dong. Sembari menikmati sajian bersantap, anda juga bisa menikmati indahnya sawah yang menyegarkan pandangan.

Tiket Masuk dan Jam Buka

Untuk bisa masuk ke kawasan Kampung Turis Karawang cukup hanya membayar retribusi sebesar Rp 5.000,-/orang. Akan tetapi bila anda ingin menikmati wahana permainan lainnya yang ada di dalam kawasan Kampung Turis maka anda harus merogoh kocek tambahan sesuai yang ditetapkan di sana. Biasanya untuk taman air akan dikenakan biaya sebesar Rp 40 ribu sementara wahana permainan anak-anak dikenakan biaya sebesar Rp 15 ribu.

Kawasan ini beroperasi setiap hari dengan jam yang sudah disesuaikan. Khusus hari sabtu dan minggu, jam buka operasional Kampung Turis buka pada pukul 09:00 s/d 22:00 WIB. Sedangkan pada hari biasa yakni hari senin sampai jumat buka pukul 09:00 WIB s/d 20:00 WIB. Jadi anda bisa menentukan jam kedatangan anda bersama keluarga maupun teman.

Akses Menuju Lokasi

Untuk mencapai kawasan ini, anda bisa menempuh perjalanan dari Karawang Barat dan dari daerah Jonggol. Kedua titik ini nantinya akan sama-sama menjumpai Pasar Loji. Bila lewat tol maka anda akan melanjutkan perjalanan ke Pasar Loji setelah keluar dari pintu tol Karawang Barat. Apabila anda mengambil rute dari Jakarta maka anda bisa lewat dari Jonggol untuk selanjutnya berjalan ke arah Cariu dan Pasar Loji. Itu bergantung kepada anda dan rombongan. Bagi yang ingin cepat bisa melewati jalan tol namun bila ingin melihat panorama alam sebaiknya menitikkan dari Jonggol saja.