Lubang Jepang Bukittinggi yang berada di kota Bukittinggi merupakan sebuah objek wisata berupa terowongan (bunker) yang sering dikunjungi wisatawan. Letaknya tepat di kota Bukittinggi, Sumatera Barat, Indonesia. Dulunya lubang ini merupakan sebuah terowongan untuk kepentingan perlindungan dan pertahanan yang dibangun para tentara Jepang sekitar tahun 1942. Namun kini sudah menjadi salah satu objek wisata favorit di kota Bukittinggi.

Panjang terowongan ini mencapai 1.400 meter dengan bentuk yang melekuk atau berkelok-kelok. Untuk lebarnya sendiri yaitu sekitar 2 (dua) meter. Saat mulai dikelola menjadi objek wisata sejak tahun 1984, Lubang Jepang Bukittinggi ini memiliki pintu masuk yang terletak pada beberapa kawasan antara lain:

  • Kawasan Ngarai Sianok
  • Kebun Binatang Bukittinggi
  • Kawasan Taman Panorama

Jadi bagi anda yang tertarik untuk berwisata sambil beredukasi maka lokasi Lubang Jepang bisa sebagai rekomendasi yang tepat. Lantas jika anda datang dari kota Padang maka anda membutuhkan waktu sekitar 2 jam untuk sampai ke kawasan Ngarai Sianok. Atau anda juga bisa berjalan kaki dari lokasi Jam Gadang dengan waktu tempuh hanya sekitar 10 menit saja. Oh iya selain itu, pada tempat ini pengunjung akan dikenakan bea masuk. Adapun biaya masuknya sebesar Rp 10.000,-. Tarif ini juga sudah termasuk untuk menyambangi Lubang Jepang.

Di Lubang Jepang terdapat sekitar 16 ruangan yang mampu memberikan anda sensasi agak berbeda dari biasanya. Ruangan-ruangan tersebut antara lain seperti ruang makan, ruang pengintaian, ruang penyiksaan, ruang amunisi, dapur, penjara, dan lain sebagainya. Dalam masa kelamnya, ada ratusan rakyat yang terbunuh kala itu saat masa pembangunan. Dimana tujuannya supaya rahasia pembangunan terowongan tidak bocor.

Ini tentu dapat memberikan kesan serta pengalaman yang baru bagi anda. Di samping gembar-gembornya liburan ke pantai yang sedang hits, anda bisa menyambangi lokasi wisata yang penuh sejarah ini. Anda juga bisa mengabadikan momen bersama teman maupun kerabat. Mungkin sejarah terowongan ini agak seram kedengarannya bagi anda namun ada baiknya anda terjun langsung berwisata ke Lubang Jepang Buktittinggi. Sebab kini pengunjungnya sangat ramai terlebih saat musim libur sekolah maupun libur panjang hari-hari besar keagamaan dan hari libur nasional.