SantaiBanget – Para penikmat pantai, sudahkah anda pernah mengunjungi keindahan pantai yang satu ini?. ya, pantai Losari, siapa sih tidak pernah dengar namaa pantai yang satu ini.

Pantai Losari merupakan pantai yang terletak pada bagian barat dari kota Makassar Provinsi Sulawesi Selatan. Untuk menyaksikan keindahan dan kesejukan pantai yang satu ini, semua penduduk dan wisatawan di Kota Makassar mengunjungi tempat yang indah ini. Memang benar, pantai yang satu ini sangat menarik.

Berbagai macam aktivitas wisata bisa anda lakukan di tempat yang hanya berjarak 20 km dari bandara udara Sultan Hasanuddin ini.

Sejarah Singkat Pantai Losari

Untuk andaa ketahuim Dahulu, Pantai Losari merupakan sebuah pasar ikan yang beroperasi di pagi dan siang hari.

Di sore dan malam hari, tempat ini dijadikan tempat berjualan bagi pedagang yang menjual makanan. Pada tahun 1945, pantai ini nampaknya mulai diperhatikan oleh pemerintah setempat.

Pemerintah melakukan beberapa hal untuk memperbaiki fasilitas dan sarana yang ada di tempat ini.

Pembangunan oleh Pemerintah setempat mulai dilakukan dengan pemasangan beton sepanjang 910 meter. Pemasangan beton ini bertujuan untuk mencegah ombak besar selat Makassar menerjang beberapa fasilitas umum di sepanjang pantai.

Inilah awalnya Pantai Losari diminati untuk dikunjungi sebagai tempat wisata. Hari demi hari, banyak orang yang berkunjung ke tempat ini untuk sekedar menikmati suasana sore.

Bagi Anda yang belum pernah berkunjung ke Pantai Losari, tidak perlu khawatir atau kesulitan menjangkau lokasinya.

Pantai ini terletak di Jalan Metro Tanjung Bunga kota Makassar. Dari bandara Hasanuddin Makassar, pantai ini bisa ditempuh dengan waktu selama 1 jam perjalanan menggunakan kendaraan pribadi.

Namun jika Anda melewati jalan tol, perjalanan bisa disingkat hingga 20 menit. Namun jika Anda ingin lebih singkat lagi, bisa mencoba rute perjalanan dari Bandara Sukarno Hatta di Wajo Makassar.

Dari bandara ini, Anda hanya memerlukan sekitar 20 menit perjalanan ke pantai Losari dengan kendaraan pribadi.

Jam Buka

Pantai Losari terletak di ujung kota Makassar dengan pemandangan paling menakjubkan. Secara khusus, tidak ada jam operasional yang menentukan jam buka dan tutup tempat ini karena memang areanya terbuka untuk umum.

Anda bisa datang kapan saja yang diinginkan tanpa khawatir akan jam operasional dari pengelola.

Biasanya, pengunjung akan datang ke tempat ini sekitar pukul 3 sore hingga pukul 9 malam. Karena itu waktu yang tepat untuk menikmati pemandangan matahari tenggelam sekaligus bersantai dengan makan dan mengobrol di tepi pantai pada malam harinya.

Karena merupakan tempat umum, pantai ini bisa dimasuki secara gratis. Anda bisa berkunjung kapan saja dan sesering apapun namun dengan catatan harus ikut serta menjaga kebersihan pantai.

Hal ini wajib Anda camkan ketika mengunjungi tempat wisata manapun. Tentu saja, harus bertanggung jawab atas sampah-sampah yang dibawa dan tidak dibuang sembarangan.

Ada bermacam alasan mengapa anda wajib mengunjungi satu tempat wisata ini. Apalagi bagi anda para pekerja keras, sudah saatnya anda melepaskan penat anda dengan berwisata menikmati keindahan alam..

Hal yang Bisa Anda lakukan di pantai Losari

1. Bermain di Area Pasir Putih Buatan

Dahulu, tidak ada area bermain dan berenang di pantai Losari karena kondisi perairannya yang sangat dalam. Namun, sejak tahun 2018 Pemerintah setempat menciptakan sebuah wahana permainan yaitu berupa pasir putih dan area renang.

Bagaimanapun juga, pantai tidak terasa lengkap dan afdol jika belum berenang.

2. Olahraga Sehat di CFD Pantai Losari

Bila Anda berkesempatan mengunjungi tempat ini pada hari minggu, jangan lupa untuk mengikuti acara Car Free Day (CFD) yang diadakan di anjungan Pantai Losari.

Anda bisa berjalan-jalan sambil menghirup udara pagi dan sinar matahari yang hangat sambil menikmati keindahan laut selat Makassar.

3. Berkumpul di Tepi Pantai

Pantai losari merupakan tempat yang tepat untuk Anda membawa keluarga dan teman dekat. Anda bisa bersantai di tepi pantai sambil bercengkrama dan mengobrol di sore hari yang sejuk.

4. Menikmati Pemandangan Sunset

Panorama yang paling menjanjikan dari pantai ini memang adalah pemandangan sunsetnya. Selama cuaca mendukung, Anda akan melihat bagaimana matahari dengan bulatnya tenggelam di ufuk barat. Semburat jingga dan aroma syahdunya sangat menyejukkan dan menentramkan jiwa.

5. Naik Perahu Bebek

Jika Anda berfikir bahwa naik perahu bebek hanya dilakukan di danau saja, maka di pantai ini Anda bisa melakukannya. Nikmati keseruan menaiki perahu ini di lepas pantai Losari.

6. Menikmati Makanan Khas Makassar di Tepi Pantai

Makanan khas daerah Sulawesi Selatan adalah pisang epe. Pisang ini dibuat dengan cara direbus dan dibakar kemudian diberi taburan keju, coklat dan lain sebagainya. Pedagang pisang epe yang berjajar-jajar di tepi pantai bisa Anda pilih sesuka hati.

Selain pisang epe, Pantai Losari juga dikenal dengan surganya kuliner kota Makassar. Di sepanjang pantai terdapat puluhan tenda-tenda penjual makanan yang konon bahkan pernah dijuluki sebagai tenda makanan terpanjang di dunia.

Di sini, Anda bisa mendapatkan jenis makanan apapun yang diinginkan. Mulai dari makanan ringan hingga makanan berat tersedia dengan lengkap.

7. Mengunjungi Pulau Samalona

Pulau Samalona dapat dijangkau dari Pantai Losari. Anda hanya harus berjalan melalui dermaga kayu Bangkoa lalu diteruskan dengan menggunakan perahu kayu sewaan.

Perahu kayu ini akan membawa Anda ke Pulau Samalona yang mungil, cantik dan sungguh mempesona. Anda bisa bermain pasir putih sepuasnya bahkan bisa menyelam dan berenang di air lautnya yang jernih.

8. Bermain Futsal

Siapa bilang futsal hanya dilakukan di lapangan indoor?Anda dapat memainkannya di tepian Pantai Losari yang sudah disediakan tempatnya. Tentu lebih mengasyikkan bermain outdoor di sore atau malam hari.

9. Memancing

Apakah Anda punya hobi memancing? Kegiatan ini dapat dilakukan di tepian pantai dengan tanggul batu sebagai pemecah ombak. Banyak kok orang yang melakukan hal serupa untuk mendapatkan ikan maupun hasil laut lainnya.

Aada banyak hal lainnya yang bisa anda lakukan bersama pasangan atau keluarga anda di pantai Ini.

Lihat lokasi di Map :