Taman Mini Indonesia Indah merupakan salah satu objek wisata yang menyenangkan untuk dikunjungi bersama keluarga. Baik saat musim libur maupun saat weekend. Namun begitupun pada hari biasa lokasi wisata ini juga baik untuk dikunjungi demi sekedar melepas penat dari rutinitas sehari-hari yang membosankan.

Lokasi kawasan taman yang bertema budaya Indonesia ini tepatnya berada di Jakarta Timur dengan luas kurang lebih 150 ha. Di dalamnya ada begitu banyak fasilitas yang bisa pengunjung nikmati misalnya kereta gantung, museum, kolam renang snow bay, maupun teater, dan lain sebagainya. Untuk logonya sendiri pada intinya berupa tulisan TMII yang berarti kepanjangan dari “Taman Mini Indonesia Indah”. Sementara untuk maskotnya berupa tokoh wayang Hanoman.

Tiket dan Jam Buka Taman Mini Indonesia Indah

  • Tiket pintu masuk (Rp 20.000,-)
  • Sepeda motor (Rp 15.000,-)
  • Parkir mobil (Rp 20.000,-)
  • Bus atau truk (Rp 40.000,-)
  • Sepeda (Rp 1.000,-)

Jam buka operasional Taman Mini Indonesia Indah (TMII) yakni mulai pukul 07:00 WIB s/d 22:00 WIB.

Fasilitas & Sarana Rekreasi Menarik yang Ada di TMII

Anjungan Daerah

Di setiap anjungan terdapat panggung yang menampilkan pertunjukan tarian tradisional, musik khas daerah, hingga upacara adat khas daerah masing-masing. Sehingga anjungan ini dapat mencerminkan Indonesia yang kaya akan budaya. Biasanya pertunjukan tersebut bisa anda lihat saat hari minggu atau pada saat pengunjung lebih ramai dibanding hari-hari biasa. Selain itu anda juga bisa melihat kebudayaan dari 34 provinsi yang ada di Indonesia di kawasan anjungan daerah. Tentu ini menjadi sebuah liburan sambil beredukasi yang asyik bukan?

Kereta Gantung

Kereta gantung yang ada di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) cukup menjadi favorit para pengunjung. Sebab dengan menggunakan kereta gantung para pengunjung yang naik kereta gantung ini bisa melihat kawasan TMII dari atas dengan leluasa dan lebih jelas. Untuk tarifnya sendiri, pengunjung akan dikenakan tarif sebesar Rp 30 ribu/orang. Yuk rasakan sensasi naik kereta gantung di Taman Mini Indonesia Indah!

Istana Anak-anak Indonesia

Wahana ini merupakan wahana favoritnya anak-anak yang berkunjung ke TMII. Karena di lokasi ini anak-anak bisa menyimak dongeng maupun cerita rakyat Indonesia. Jadi anak bisa bermain sambil belajar. Yang membuat menarik adalah bangunannya yang mirip seperti istana dalam cerita dongeng Cinderella. Sangat megah dan menawan.

Istana ini juga dilengkapi dengan sarana belajar seperti:

  • alat peraga ilmu pengetahuan dan teknologi
  • alat musik diantonik serta pentatonik
  • medan permainan sehat dan mendidik
  • dsb

Tiket Pintu Masuk: Rp 15.000,-

Snow Bay

Saat berkunjung ke Taman Mini Indonesia Indah, jangan pula melewatkan wahana air snow bay. Berenang santai dan menikmati sejumlah fasilitas di snow bay dapat membuat pikiran kembali segar. Selain itu di wahana snow bay juga tidak memungut biaya pemakaian ban. Jadi anda bisa memakainya secara gratis. Oh iya untuk anak yang masih di bawah usia 12 tahun harus dengan dampingan orang tua atau orang dewasa.

Jam Operasional: 09:00 WIB s/d 18:00 WIB

Biaya Tiket Masuk: Rp 140.000,- (senin s/d jumat) dan Rp 180.000,- (sabtu – minggu)

Museum

Terdapat beberapa museum di TMII yang bisa pengunjung sambangi, antara lain:

  1. Museum Indonesia (Rp 15.000,-/orang)
  2. Museum Pusaka (Rp 10.000,-/orang)
  3. Museum Telekomunikasi (Rp 2.000,-/orang)
  4. Museum Keprajuritan (Rp 4.000,-/orang)
  5. Museum Listrik dan Energi Baru (Rp 10.000,-/orang)
  6. Museum Prangko Indonesia (Rp 5.000,-/orang)
  7. Museum Minyak dan Gas Bumi (Rp 15.000,-/orang)
  8. Museum Asmat (Rp 10.000,-/orang)
  9. Museum Transportasi (Rp 5.000,-/orang)
  10. Museum Penerangan (gratis)
  11. Museum Timor-Timur (Rp 5.000,-/orang)
  12. Museum Olahraga Nasional (Rp 2.000,-/orang)

Perahu Angsa

Perahu angsa bisa pengunjung sewa untuk berkeliling danau hingga menjelajahi miniatur pulau-pulau. Cukup hanya membayar Rp 7.500,- pengunjung sudah bisa menyewa salah satu perahu. Oh iya perahunya juga warna-warni lho, hihihi.