Bukit Gibeon Sibisa merupakan salah satu destinasi wisata keluarga yang berada di daerah desa Sibisa, kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara. Tempat wisata yang resmi dibuka sejak pertengahan 2016 lalu ini menyuguhkan pemandangan alam yang sangat segar lengkap dengan sejumlah fasilitas di sekitar destinasi. Sehingga cocok bagi anda yang sedang ingin menghidar dari hiruk pikuk alam perkotaan dengan rutinitas padat.

Uniknya lagi, Bukit Gibeon bisa dijadikan sebagai lokasi untuk melaksanakan kegiatan-kegiatan rohani seperti kebaktian padang, retreat, bible camp, ataupun kegiatan dari gereja maupun kelompok organisasi masyarakat. Namun meski begitu, kawasan ini juga tak hanya banyak dikunjungi oleh kaum Kristiani melainkan siapa saja pun bisa berkunjung ke kawasan Bukit Gibeon Sibisa ini. Biasanya sih orang-orang akan datang membawa keluarganya masing-masing untuk sekedar liburan berakhir pekan.

Rumah Doa Segala Bangsa

Hal menarik saat berkunjung ke Bukit Gibeon Sibisa adalah bangunannya yang dominan berwarna ungu serta terdapatnya bangunan rohani umat Kristiani yakni rumah doa yang bertajuk “RUMAH DOA SEGALA BANGSA”. Namun lebih umumnya lokasi bagunan tersebut disebut sebagai pusat seminari Bukit Gibeon. Adapun pusat seminari Bukit Gibeon ini bertujuan sebagai pusat pembelajaran bagi missionaris serta generasi bangsa. Selain itu tempat ini juga dapat dijadikan sebagai tempat beribadah maupun tempat untuk retreat atau kegiatan rohani lainnya. Sehingga saat berwisata ke Bukit Gibeon belum afdol rasanya bila belum berfoto di depan bangunan rumah doa.

Sementara itu ada beberapa hal yang bisa anda perhatikan saat berkunjung ke sekitar lokasi gedung rumah doa segala bangsa.

Waktu Kunjungan Ke Pusat Seminari:
  • Hari sabtu pukul 14:00 WIB s/d 17:30 WIB
  • Hari minggu/hari libur nasional pukul 13:00 WIB s/d 17:00 WIB
Jam Ibadah di Rumah Doa:
  • Hari sabtu pukul 10:00 WIB s/d selesai
  • Ibadah minggu pukul 08:30 WIB s/d selesai
  • Hari-hari besar umat Kristiani (sesuai kesepakatan)

Pesona Air Terjun Bukit Gibeon

Saat berkunjung ke Bukit Gibeon Sibisa jangan lupa mampir dan memanjakan diri sejenak untuk berenang serta bermain air di lokasi air terjun Bukit Gibeon. Sebab air dingin dari kolam berpadu air terjun jernih alami nan segar akan membuat anda merasakan sensasi yang berbeda dari biasanya. Jadi selain dapat melenyapkan penat, pikiran juga dapat kembali segar sehingga anda kembali semangat lagi untuk menjalani rutinitas sehari-hari usai liburan.

Fasilitas

bukit gibeon

Selain air terjun, rumah doa, menara doa, ada pula berbagai fasilitas yang bisa kita temui di kawasan Bukit Gibeon meliputi area parkir yang luas, ruang penginapan, pendopo, hingga fasilitas api unggun dan ibadah padang. Selain itu tempatnya juga sangat asri dan bersih.

Tarif Masuk Bukit Gibeon

Untuk dapat memasuki lokasi ini, pengunjung akan dikenai tarif masuk yang tidak terlampau mahal yakni sebesar Rp 10.000,-/orang. Dan bila pengunjung datang dengan membawa kendaraan pribadi seperti sepeda motor akan dikenai tarif sebesar Rp 2.000,-/sepeda motor. Tarif sudah berlaku untuk kolam permandian dan lokasi sekitar.

Rute Menuju Lokasi

Untuk lokasinya sendiri berada tidak terlalu jauh dari Parapat yakni bisa ditempuh hanya sekitar 20 menit saja. Atau lebih tepatnya kawasan Bukit Gibeon ini beralokasi di desa Parsaoran Sibisa, Lumban Julu, Sionggang Utara, kabupaten Tobasa, provinsi Sumatera Utara. Durasi tempuh dari Parapat sekitar 15 km melalui rute Parapat – Jalan Lintas Tengah Sumatera – Jalan Siborong-borong – Sibisa. Mendekati lokasi, nantinya ada gapura yang bertuliskan Bukit Gibeon pada sisi kanan jalan. Lalu masuklah dari gapura tersebut dan tempuh jarak sekitar 1 km. Anda bisa mengikuti jalur petunjuk yang telah disediakan di sana.