Monkey Forest Ubud atau yang juga disebut dengan Mandala Suci Wenara Wana adalah sebuah lokasi cagar alam dan kompleks percandian yang terletak di desa Padangtegal Ubud, pulau Bali. Luas wilayahnya sekitar 12,5 hektar yang mana area hutan lindung yang asri ini juga memiliki 3 pura yang sangat disakralkan bagi umat hindu.

Ketiga pura itu antara lain:

– Pura Dalem Agung (pura utama)
– Pura Beji
– Pura Prajapati

Oleh karena itu di sini kamu bisa menghabiskan masa liburanmu dengan keluarga sambil bisa melihat-lihat tingkah laku lucu dari kera. Atau dengan kata lain, tempat ini memang sangat direkomendasikan sebagai daftar tempat yang akan dikunjungi bersama perihal liburan keluarga.

Lokasi Ubud Monkey Forest

Lokasi Monkey Forest Ubud ada di jalan Monkey Forest, desa Padangtegal, Ubud, Gianyar, Bali. Misalnya bila kamu berangkat dari titik lokasi tempat wisata Garuda Wisnu Kencana Cultural Park, maka untuk bisa sampai ke lokasi Mandala Suci Wenara Wana ini membutuhkan jarak tempuh 45 kilometer. Atau dengan estimasi waktu sekitar 1 jam 45 menit.

Tetapi kalau misalnya lokasimu sedang berada di tempat wisata persawahan terasering Tegalalang, maka kamu butuh sekitar setengah jam untuk bisa sampai ke Ubud Monkey Forest. Karena jaraknya 11 kilometer antara Terasering Tegalalang ke tempat wisata Monkey Forest.

Daya Tarik Monkey Forest Ubud Bali

  • Menyaksikan Kera

Terdapat lebih dari 700 monyet berekor panjang yang bisa kamu lihat di Monkey Forest di Ubud Bali. Mengasyikkan bukan? Cukup berjalan pada jalur jalan setapak yang sudah disediakan pihak Monkey Forest, kamu akan bisa melihat langsung para monyet berekor panjang. Selain itu pengunjung yang datang ke lokasi ini juga memang selalu diramaikan oleh wisatawan, baik wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara. Tentu siapapun bisa masuk ke sini meski usia anak-anak hingga orang dewasa.

Kera-kera akan nampak bergelantungan di pepohanan yang juga dirawat kelestariannya. Seperti pada umumnya, jangan sampai kameramu menganggur ya guys. Soalnya akan banyak pose dan tingkah laku yang lucu dari makhluk-makhluk primata tersebut. Eits tapi kameramu juga harus dipegang dengan erat dan hati-hati dong karena beberapa kerap bertindak jahil.

  • Berkunjung ke Pura di dalam Hutan

Jangan salah, Monkey Forest bukan hanya menyediakan objek wisata melihat banyak kera saja. Tetapi ada pura suci yang dibangun di dalam hutan nan asri yang dilindungi ini. Oleh karena ini kamu disarankan untuk mengunjungi pura yang lebih besar saja. Pasalnya bangunan pura yang lebih kecil sudah dianggap kawanan kera seperti kawasan teritorialnya.

Sehingga untuk menjaga keamanan pengunjung kamu cukup melihatnya dari jauh saja. Karena bisa jadi kera akan menyerangmu ketika kamu memaksakan diri untuk pergi pura kecil di dalam hutan.

Jam Buka Lokasi dan Harga Tiket Masuk (HTM)

Tempat wisata Monkey Forest memiliki jam operasional pengunjung dari 08:30 hingga pada pukul 18:00 WITA atau waktu setempat. Akan tetapi kamu hanya bisa membeli tiket masuk pada pukul 08:30 hingga ke pukul 19:30 saja.

Untuk HTM dibagi ke dalam 2 kategori yakni kategori anak-anak dan orang dewasa. Harga tiket masuk terhadap anak yang masih berusia 3 sampai 12 tahun dikenai HTM sebesar Rp 60 ribu per orang. Sedangkan orang dewasa sebesar Rp 80 ribu per orang.

Transportasi Ke Ubud Monkey Forest

Kamu bisa menggunakan transportasi umum yang ada di sana, misalnya taksi dan juga mobil sewaan. Tetapi bila kamu tidak mau ambil pusing pesan transportasi online ataupun mobil sewaan saja ya.

Etika Berkunjung

Ketika kamu berkunjung ke objek wisata ini, ada etika yang harus kamu patuhi ya. Hal ini tentu dilakukan demi kenyamanan bersama. Nantinya kamu akan melihat penanda yang sudah disediakan sebagai himbauan agar setiap pengunjung menjaga ketenangan serta perilakunya masing-masing.

Sementara itu, lokasi wisata ini merupakan sebuah kawasan wisata hutan lindung yang bebas dari asap rokok. Oleh karena itu jangan merokok ya bagi kamu maupun sanak saudara atau kerabatmu yang sedang melakukan perjalanan wisata ke Monkey Forest Ubud ini.

Akan tetapi selain larangan merokok, kamu juga tidak diperkenankan untuk memberikan makanan kepada kera-kera di sana. Oh ya, satu hal lainnya yang penting juga untuk kamu ingat ketika sedang melihat-lihat kera. Simpan saja perhiasan ataupun kacamata gayamu. Karena kemungkinan kera akan berusaha mengambil perhiasanmu ketika kamu dilihat oleh binatang tersebut.

Sebagai informasi, pengelola Monkey Forest di Ubud Bali sebenarnya rutin memberitahukan informasi jika ada upacara peribadatan yang dilakukan di lokasi wisata. Jadi sebagai pengunjung yang baik dan taat akan himbauan, jangan sampai deh kamu mengganggu sekitar pura suci ketika peribadatan umat hindu sedang berlangsung.