Pantai seminyak adalah salah satu pantai populer di Bali. Pantai Seminyak atau yang juga biasa disebut dengan pantai Dhyanapura ini terletak di kawasan desa Seminyak, kecamatan Kuta, Bali. Atau lebih tepatnya beralokasi di sebelah utara pantai Kuta.

Pantai Seminyak memiliki hamparan pasir yang lembut dan landai. Maka tak heran bila wisatawan dalam negeri dan juga wisatawan mancanegara selalu ramai berkunjung ke pantai Seminyak ini. Oleh sebab itu, pantai ini adalah paket liburan keluarga yang sangat komplit. Kenapa? Lihat saja deretan fasilitas dan kegiatan apa saja yang bisa dilakukan di pantai Seminyak.

Fasilitas Umum

Untuk mendukung kenyaman pengunjung di seputar pantai, pengelola menyediakan berbagai bentuk fasilitas yang keren seperti restaurant/cafe, hotel, bahkan villa yang bertaraf internasional. Jadi aktivitas mantai kamu menjadi santai dan terkesan mewah bila melabuhkan pilihan ke pantai Seminyak.

1. Seminyak Square

Kebanyakan orang suka berburu oleh-oleh ketika mengunjungi suatu tempat. Nah bila kamu memiliki minat atau hobi berbelanja sesuatu untuk dijadikan sebagai barang koleksi dan buah tangan, kamu bisa menghampiri Seminyak Square. Tempat ini memiliki fasilitas yang lengkap sehingga tak ayal bila wisatawan banyak menghabiskan waktunya di sini.

2. Hotel

Saat lelah menghadang usai bermain di pantai, maka yang paling dicari adalah kasur yang empuk. Maka sama seperti tempat-tempat wisata lainnya, di Seminyak juga terdapat banyak hotel sebagai persinggahan waktu beristirahatmu. Setidaknya ada beberapa hotel terbaik dan juga instagramable yang bisa kamu temui di sekitar Seminyak.

Misalnya Daun Bali Seminyak Hotel, W Resort Bali Seminyak, The Legian Seminyak, Indigo Hotel Bali, The Samaya Hotel, Anantara Seminyak Bali Resort & Spa, dan masih banyak lagi.

3. Cafe

Tentunya bukan hanya euforia liburan dan tempat penginapan saja kan yang kamu butuhkan saat liburan? Mengisi perut juga sangat perlu. Nah sembari mengisi perut, sejumlah kafe keren nan hits akan menambah suasana mewah liburanmu.

Kamu bisa mengunjungi D’Joglo Beach Cafe, Mejekawi Cafe, dan Brezee at The Samaya Seminyak. Ada pula cafe yang masih terbilang baru namun tak kalah menarik seperti Neon Palms, Tropicola Beach Club, Coffee Cartel, Da Maria Bali, dan KIM SOO Home.

4. Gallery Trick Art 3D Museum

Selagi masih berada di pantai Seminyak, jangan sampai kamu melupakan Gallery Trick Art 3D Museum. Wisatawan bisa menyaksikan berbagai jenis lukisan menarik dengan format 3 dimensi. Galeri ini memang terbilang baru karena baru dibuka pada tahun 2014 lalu. Selain itu berkunjung ke sini juga nyaman lho.

5. Pura Petitenget

Bali sangat terkenal dengan bangunan pura. Oleh karena itu kamu akan sekaligus mendatangi salah satu pura tua yang dibangun pada abad ke-15 masehi yakni pura Petitenget, saat berkunjung ke pantai Seminyak.

Menurut orang-orang, pura ini cukup angker. Ya mungkin karena usianya yang sudah sangat tua. Tapi jangan salah. Meski sudah tua, pura ini masih berdiri kokoh dan terawat. Jangan lupa untuk mengabadikan sebuah foto dari sana.

Aktivitas Seru Yang Dapat Dilakukan

Berbicara soal aktivitas seru yang dapat dilakukan. Tentunya pantai Seminyak akan berhasil membuat kamu terpukau. Apalagi jika menunggu sunset tiba. Penasaran apa saja yang bisa dilakukan di sana?

Berjemur

Berjemur adalah kegiatan yang cukup sering dilakukan oleh sejumlah orang yang menginginkan sentuhan kulit eksotis. Dan di sana kamu akan banyak menjumpai turis asing yang suka berjemur di tepi pantai. Nah, selain itu kamu juga bisa bisa berenang pada daerah yang sudah dibatasi.

Bungee Jumping

Sebuah wahana yang menantang jantung, hempaskan ketakutanmu saat mencoba bungee jumping. Lokasinya berada tak terlalu jauh dari lokasi pantai Seminyak, Bali. Untuk dapat mencoba aktivitas ekstrem ini kamu akan merogoh kocek sebesar Rp 450 ribu hingga Rp 500 ribu. Itu pun hanya untuk sekali loncatan. Agak mahal memang. Tapi jika kepuasan adalah kesenangan yang dikenang sepanjang masa, maka kenapa tidak untuk mencobanya?

Surfing

Kalau kamu bisa berselancar maka jangan lewatkan momen berselancar di pantai Seminyak, Bali. Kamu akan ditantang untuk menaklukkan gulungan ombak pantai. Jangan khawatir untuk melakukan surfing. Kamu tidak akan sendiri. Ada banyak pengunjung pantai terutama bule yang suka kegiatan surfing. Oh iya, di pantai ini juga menyediakan layanan penyewaan papan selancar. Jadi tak usah pusing bila tidak memiliki papan selancar sendiri.

Berkuda

Nikmati suara ombak saat kuda yang kamu tunggangi melintas. Ya, aktivitas berkuda di Bali tidak pernah sepi pengunjung, terlebih saat musim libur. Meski sebagian besar aktivitas berkuda didominasi oleh turis asing, akan tetapi wisatawan domestik yang berkuda akan lebih ramai saat hari raya lebaran maupun libur sekolah.

Akses Wisata

Kawasan wisata Seminyak hanya berjarak sekitar 11 km dari bandara International Ngurah Rai, Bali. Jika menggunakan kendaraan, untuk menuju Seminyak perlu memakan waktu tempuh sekitar 26 menit. Namun bila kamu dari kawasan pariwisata Nusa Dua jaraknya mencapai 18 km atau dengan akses berkendara sekitar 35 menit untuk sampai ke lokasi tujuan.

Tips Liburan

Ada beberapa tips yang dapat kamu ketahui ketika berwisata ke Seminyak di pulau Bali.

– Bila liburan dengan anggota 6 atau lebih orang sebaiknya pilih saja private villa supaya lebih menghemat biaya akomodasi.

– Kenakan pakaian dengan bahan yang mudah menyerap keringan karena suhu udara di sana sangat panas pada saat siang hari.

– Jangan merusak lingkungan dengan cara membuang sampah sembarangan bila tak ingin menjadi bahan tontonan oleh turis asing.