Sungai Alas adalah sungai terpanjang di Aceh. Bermuara di Samudera Hindia, sungai ini mengalir membelah Taman Nasional Gunung Leuser. Tapi yang lebih menariknya adalah kegiatan arum jeram di sana. Bahkan kegiatan arum jeram di sungai Alas sudah terkenal sampai ke mancanegara. Banyak wisatawan atau traveler asing yang datang ke sungai ini untuk kegiatan rafting. Kebanyakan dari mereka yang datang adalah warga Amerika, Belanda, dan  juga Jerman.

Oh iya buat kamu yang hobi mengeksplor pesona alam sekaligus menantang diri dengan melakukan kegiatan olahraga air yang lebih ekstrim, sungai Alas di Aceh bisa membantumu menambah pengalaman arum jeram. Lokasinya berletak di provinsi Aceh, Sumatera Utara, sekitar 1400 km di barat laut ibu kota Jakarta. Atau lebih tepatnya sungai ini berada disepanjang kawasan kabupaten Aceh Tenggara, kabupaten Aceh Selatan, serta kabupaten Gayo Lues.

Perjalan Menuju Sungai Alas

Bila kamu bermukim di wilayah Sumatera Utara, jalur umum yang bisa kamu tempuh adalah dari kota Medan. Kemudian menuju Kuta Cane dengan waktu tempuh kurang lebih 7 jam. Dari kota Banda Aceh sendiri dapat melalui Beureun – Takengon dengan waktu tempuh berkisar 14 jam.

Biaya Arum Jeram

Aktivitas rafting tentulah membutuhkan biaya. Nah untuk biaya arum jeram di sungai Alas sendiri membutuhkan biaya sebesar Rp 300 ribu khusus bagi penduduk lokal. Sedangkan bagi wisatawan asing atau turis dikenakan biaya sebesar Rp 500 ribu. Biaya ini sudah termasuk perlengkapan rafting serta tenda untuk melakukan camping.

Pesona Alam di Sungai Alas

Sungai Alas bukan hanya menawarkan kegiatan arum jeram saja tetapi para wisatawan yang datang ke sungai Alas akan disuguhkan panorama alam yang indah. Liburanmu pasti seru dan menyenangkan! Sebabnya di sisi kiri dan kanan sungai terdapat hutan tropis alami. Ini jugalah salah satu faktor yang menjadikan sungai ini menjadi populer sebagai tempat bermain para pecinta arum jeram hingga ke berbagai pelosok negeri.

Tingkat kesulitan arus yang dimiliki sungai Alas juga berbeda pula. Bagi pemula atau yang hanya sekedar hobi bermain arum jeram, ada kok rute arum jeram yang cukup mudah untuk ditaklukkan. Sebaliknya bagi para professional yang bergabung dalam komunitas-komunitas pecinta arum jeram, ada pula rute yang cukup sulit untuk ditaklukkan. Intinya lika-liku sungainya amatlah menantang. So, ya tergantung kepadamu si penjelajah alam.

Titik start rafting bagi kaum pemula disarankan mulai dari titik muara Situlen saja. Kurang lebih sekitar 6 jam kamu dan timmu nantinya sudah bisa mencapai garis finish. Jadi perhatikan juga waktu permulaan raftingnya ya. Tapi bagi kamu sudah handal dalam bermain arum jeram, cobalah untuk memulainya dari titik Blangkajeren. Selama permainan dijamin kamu akan mendapatkan pengalaman yang baru yang juga menantang semangat serta kekuatanmu. Pasalnya selama rafting, jangan heran bila dipertengahan nantinya kamu dan tim arum jeram menjumpai sejumlah satwa liar karena hutan tropis di sana masih sangat alami. Seperti orang utan, monyet, dan berbagai jenis burung.

Nah setelah selesai rafting kamu juga bisa menghabiskan malam disekitar sungai dengan mendirikan tenda. Hal seru dalam kegiatan camping adalah kegiatan membakar ikan untuk dijadikan santapan malam, bukan? Kamu bisa mencari ikan di sekitar sungai loh. Dengan demikian selain kenyang, kegiatan ini juga bisa menghangatkan tubuhmu saat tengah diterjang oleh dinginnya angin alam. Pakai juga jaket atau pakaian hangat lainnya serta penutup kepala dan telinga. Nikmati suasana alam di tepi sungai.

Tips Berwisata

Saat berwisata tentunya sejumlah euforia bisa kamu ciptakan. Tapi jangan pernah melupakan tips guna memperlancar kegiatan travelingmu. Berikut sejumlah tips di sungai Alas.

  • Sebaiknya gunakan jasa pemandu, apalagi yang masih baru pertama sekali.
  • Bawa kotak P3K
  • Perbekalan makanan dan pakaian ganti secukupnya
  • Bawa baju hangat
  • Selalu melestarikan lingkungan dengan cara menjaga kebersihan
  • Membawa gadget, tentunya untuk mendokumentasikan segala hal ataupun momen seru saat berpetualang

Hotel & Penginapan

Di sekitar lokasi, kamu juga bisa menemukan hotel jika kamu membutuhkannya. Hotel tersebut antara lain:

Hotel Brundihe

Hotel ini beralamat di jalan Cut Nyak Dhien No. 10. Kamu bisa menghubungi kontak (0629) 21444.

Hotel Jambu Alas

Hotel Jambu Alas berada di jalan Kuta Cane, Blang Kejeren KM 2. Kontak yang bisa dihubungi: (0629) 21430.

Wisma Cinta Alam

Wisma Cinta Alam rafting and jungle trekking berlokasi di jalan Blang Kejeren – Kuta Cane KM 32, Ketambe. Kamu bisa menghubungi kontak untuk melakukan reservasi di nomor 085270864580.

Hotel Lawes Mamas

Penginapan ini berada di jalan Jend. Ahmad Yani No. 9, Kuta Cane. Untuk informasi bisa menghubungi kontak telepon (0629) 21078.