Labuan Bajo merupakan sebuah kota kecil di pinggir pantai Flores barat yang berada di provinsi NTT, Indonesia. Hingga kini Labuan Bajo semakin terkenal karena pesona alamnya yang luar biasa serta sektor pariwisata yang dikembangkan di sana. Meski disebut kota kecil, akan tetapi kota ini juga memiliki sejumlah fungsi startegis seperti pusat pemerintahan, pusat perdagangan, dan pusat pendidikan di samping pengembangan sektor pariwisata.

Tentunya bila kamu memutuskan untuk liburan bersama keluarga maupun bersama teman dan pasangan sekalipun, ada banyak pusat-pusat pariwisata yang terdapat di sana. Salah satunya adalah objek wisata pantai. Pemandangan pulau Komodo dari Labuan Bajo juga bisa dilihat sangat indah, oleh karenanya berwisata ke Labuan Bajo akan memberikan sensasi pengalaman liburan yang berbeda dan luar biasa.

Eksplorasi Destinasi di Labuan Bajo

Dalam rangka meningkatkan kenyamanan para wisatawan, pengelola juga mendirikan banyak fasilitas yang mewah dan menarik. Tak ketinggalan, Labuan Bajo sudah memiliki hotel berbintang loh. Dan yang tak kalah menariknya adalah langit jingga di sana atau panorama saat sunset. Bagi kamu penikmat senja sekaligus “anak indie”, sunset ke Labuan Bajo sangat direkomendasikan. Siluet dramatis dari matahari yang tenggelam akan semakin melabuhkanmu kepada kegalauan dan deretan-deretan kalimat indah.

  • Air Terjun Cunca Wulang

Berwisata alam itu memang menyenangkan. Cobalah menyusuri sekitar 300 meter ke arah timur kota Labuan Bajo, kamu akan menemukan pemandangan alam yang asri dan sejuk yaitu air terjun Cunca Wulang. Spot wisata ini telah diakui dunia karena pada umumnya wisatawan luar negeri banyak yang menyambanginya. Namun untuk dapat sampai ke lokasi air terjun ini, kamu harus melakukan perjalanan lewat hutan dulu kurang lebih selama setengah jam. Nah di sana juga terdapat tebing-tebing yang menjulang tinggi. Ya kalau dilihat-lihat sih mirip dengan Green Canyon. Jangan lupa mengambil foto yang indah dari sana.

Hasrat petualang akan muncul di sini. Jika kamu dan teman-temanmu menyukai aktivitas alam yang lebih ekstrim, cobalah untuk melompat dari salah satu tebing tersebut dimana ketinggiannya bisa mencapai 10 meter. Tetapi ada juga kok tebing dengan ketinggian yang lebih rendah yakni hanya 3 meter. Kamu akan merasa lebih fresh dari yang biasanya jika memang kegiatan ini memang kamu sukai.

  • Taman Nasional Loh Liang

Salah satu lokasi yang paling tepat untuk melihat habitat hewan khas Indonesia seperti komodo adalah taman nasional Loh Liang. Letaknya ada di pulau Rinca, Manggarai Barat, Labuan Bajo, Flores. Komodo nantinya bisa kamu lihat secara kasat mata dengan jarak 2 meter. Oh iya untuk mencapai taman nasional ini, kamu akan melakukan perjalanan menggunakan boat sekitar 3 hingga 4 jam. Jadi kalau kamu berniat menghampiri destinasi wisata yang satu ini, cobalah untuk mengatur waktu keberangkatanmu ya.

  • Scuba Diving dan Aktivitas Snorkeling

Scuba diving dan snorkeling kini tengah menjadi tren yang sangat asik dalam memilih spot saat melakukan traveling. Jadi jangan sampai kamu melewatkan ya. Keragaman biota laut di Labuan Bajo masih sangat alami dan bagus. Kalau kamu menginginkan kegiatan snorkeling, sebelum mulai proses penyelaman kamu akan di-briefing dahulu mengenai topografi hingga lokasi-lokasi yang pas dan menarik untuk menyelam. Pun saat menyelam, anda akan ditemani oleh instruktur. Jadi tak usah khawatir secara berlebihan.

Ragam makhluk laut yang bisa anda temui meliputi ikan pari manta, ikan tuna, kerapu, ular laut, gurita, kepiting dan masih banyak lagi. Beberapa pelatihan diving bersertifikasi di daerah Labuan Bajo yang bisa anda hubungi antara lain:

  1. Flores Diving Center
  2. Divine Diving
  3. Blue Marlin Komodo
  4. Komodo Dive Center

Transportasi di Labuan Bajo

Di Labuan Bajo, ada angkutan umum tradisional yang dinamakan dengan bemo. Namun jam operasi bemo hanya sampai pukul 09:00 WITA saja. Nah jika ingin berkunjung ke pulau terdekatnya, kamu bisa menaiki kapal motor yang tersedia di pelabuhan. Sementara itu kamu juga bisa menyewa kendaraan roda baik kendaraan roda 4 maupun kendaraan beroda 2 dari bandara Labuan Bajo. Tarifnya berkisar Rp 500.000,- per hari untuk mobil. Sedangkan untuk tarif sewa sepeda motor dikenakan Rp 75.000,- per harinya. Dengan sejumlah kocek ini kamu sudah bisa berkeliling Flores.

Penginapan Murah

Ada sejumlah hotel dengan tarif yang sesuai kantong para traveler. Selain murah, fasilitasnya juga menarik kok. Berikut daftarnya.

Centro Hostel

Sebuah penginapan murah yang berletak di jalan Soekarno-Hatta, gang Cempaka, Labuan Bajo, NTT. Tarifnya per malam hanya Rp 100.000,-. Penginapan ini bisa sebagai pilihan istirahat malam kamu. Fasilitas yang bisa kamu dapatkan yaitu layanan internet gratis (wifi), AC, kasur bertingkat, kamar mandi yang dilengkapi dengan shower.

La Boheme Bajo

La Boheme Bajo yang bertarif Rp 108.000,-/malam ini terletak di jalan Gorontalo, Trans Flores. Di sana kamu bisa merebahkan tubuhmu setelah lelah berkeliling Labuan Bajo. Menariknya lagi, selain fasilitas di kamar tidur, di sana tersedia juga meja biliar bahkan bar.

One Tree Hill

Hotel murah selanjutnya adalah One Tree Hill yang lengkap dengan panorama laut lepas di sekitar hotel. Wisatawan cukup mengeluarkan uang sebesar Rp 114.982 per malamnya agar dapat menginap di sini. Lokasinya ada di jalan Verhouveen, Pantai Klumpang, Labuan Bajo.

Dragon Dive Komodo

Kasur empuk dengan selimut yang lembut cocok untuk mengistirahatkan diri di malam hari selepas lelah berjalan-jalan di sekitar Labuan Bajo. Tarifnya dibanderol hanya Rp 126.499,- saja untuk setiap malamnya. Hotel ini juga dilengkapi dengan televisi serta kamar mandi bershower. Bila ingin berenang di kolam renang, penginapan ini juga dilengkapi fasilitas kolam renang. Alamat Hotel Dragon Dive Komodo ada di jalan Mutiara, Kampung Ujung. Labuan Bajo.

Tips Berwisata

Daerah Labuan Bajo umumnya sangat panas terutama selama musim kemarau. Oleh karena itu bawalah sunblock atau produk lainnya untuk kulit agar terhindar paparan sinar surya. Anda bisa juga membawa kacamata hitam serta topi. Selain menghindari cuaca yang panas, topi dan kacamata hitam juga bisa dimanfaatkan sebagai properti foto untuk gaya-gayaan di depan kamera atau gadget kamu.