Berpetualang ke Berhala Island, Sumatera? Nama Pulau Berhala memang terkesan unik terlebih mistis bila didengar telinga. Akan tetapi nama pulau ini sebenarnya diambil dari salah satu nama raja di Jambi atau penguasa Jambi dimasa lalu. Dialah Datuk Paduko Berhala. Bahkan makamnya juga berada di pulau ini sih. Tak sedikit pula yang mengatakan bahwa pulau indah ini juga disebut sebagai pulau terluarnya Indonesia di Selat Malaka.

Nah oleh karena itu Pulau Berhala patut deh kamu kunjungi karena pesona alamnya sangat luar bisa menarik. Di sana kaya akan hutan akar bahar yang menyimpan beragam jenis terumbu karang dalam radius dua ratus meter dari bibir pantai. Kamu bisa menyelam untuk melihat aneka jenis ikan karang. Terlebih bukan hanya hutan akar bahar, pantai di sana dijamin akan buat kamu betah untuk hunting foto lalu memadati postingan sosial media. Yihhaaa yuk intip apa saja yang bisa kamu lakukan di Pulau Berhala.

Spot Wisata Berhala Island

Pulau yang tepatnya berada di kacamatan Tanjung Beringin, kabupaten Serdang Bedagai ini menampilkan beberapa jenis wisata yang menarik hati. Duh jangan sampai deh kamu yang orang Sumatera tidak mengetahui surga dunia ini. Tapi guys, kamu perlu tahu. Kalau di Berhala Island ini dihuni dan dijaga ketat oleh para prajurit TNI. Tak ada penduduk biasa yang bermukim di sana. Wisatawan sih bisa masuk tapi harus selalu menjaga sikap serta kebersihan lingkungan. Sangat dilarang keras membawa senjata tajam atau minuman keras ke sana. Terlebih bertindak asusila.

  • Penangkaran Penyu

Meski Tanjung Benoa dan Gili Trawangan terkenal dengan penangkaran penyu, Berhala Island di Sumatera juga tak kalah ketinggalan kok. Kamu para traveler wajib coba ke penangkaran penyu di Pulau Berhala ini. Bila waktunya tepat, traveler bisa menyaksikan penyu-penyu bertelur. Kamu bisa menyewa kapal motor kecil untuk menelusur penyu yang menepi untuk bertelur.

  • Menara Mercusuar

Nah untuk bisa sampai ke puncak menara mercusuar, kamu akan ditemani oleh marinir dengan menaiki sekitar 700 anak tangga. Pastinya lelah sih tapi kamu akan bisa melihat pulau kecil yang mengapit Berhala Island. Pulau Sokong Nenek dan Pulau Sokong Kakek namanya. Kamu juga bisa mengabadikan momen birunya hamparan selat malaka dengan gadged travelingmu. Well lebih kerennya lagi, negara Malaysia bisa kamu lihat dari sini kalau cuacanya cerah ya.

  • Menyelam Ke Bawah Laut

Buat kamu yang hobi menyelam sambil membawa gadget berwaterproof. Setidaknya ada biota laut dengan 22 spesies terumbu karang dan sebelas jenis ikan karang yang menantimu ketika berselam ria ke bawah laut di pulau ini. Say hay kepada ikan-ikan di sana ya.

Fasilitas Pulau Berhala

  • Cafetaria

Mantai berjam-jam tentunya buat para cacing diperut kamu berdendang kan ya? Nah, di sini tak usah takut deh. Ada kantin yang dikelola oleh para TNI. Harga makanan dan minumannya juga terjangkau kok gak buat kantong kosong melompong.

  • Gazebo

Udah rahasia publik, foto di gazebo merupakan salah satu altenatif kekian para milenial dalam memilih spot foto. Selain itu kamu bisa melihat hamparan pasir putih sambil menikmati pemandangan air laut yang jernih loh.

  • Toilet Umum

Nah untuk yang satu ini, kamu tidak usah menahan sesak. Toilet umum ada kok di sana. Hehehe.

  • Penginapan

Meski tidak ada hotel, ketika memutuskan untuk berlibur selama berhari-hari, kawasan Pulau Berhala juga menyediakan barak atau mess TNI dengan harga yang tidak mahal-mahal amat. Tapi pengunjung diperbolehkan juga kok untuk mendirikan tenda di sekitar pantai.

Jam Buka dan Tiket Masuk

Destinasi wisata yang satu ini memiliki jam buka operasional setiap hari yaitu mulai 07:00 WIB hingga pukul 19:00 WIB. Akan tetapi untuk bisa masuk ke kawasan Berhala Island, Sumatera, biasanya secara berkelompok. Karena angkutan penyeberangan biasanya minimal menyeberangkan 15 orang wisatawan atau sampai isi kapal penuh. Tiket masuk yang paling murah adalah Rp 250.000,- per orang.

Akses Ke Pulau Berhala

Kamu dan teman-temanmu harus sampai ke pelabuhan Tanjung Tiram dulu. Bisa dari kota Medan ataupun dari Belawan. Dari sini nantinya akan ada kapal penyeberangan khusus ke Pulau Berhala. Lebih disarankan untuk pergi berlibur ke pulau ini secara berkelompok ya. Untuk memudahkan, kamu bisa memakai paket jasa tour anda travel yang terpercaya.

Intinya, perjalanan wisata ke Berhala Island yang ada di Sumatera akan menambah celengan pengalaman destinasimu. Selamat berlibur! Santaibanget.com emang highly recommended 🙂