Mikir buat mantai dan snorkeling? Gak perlu ke Bali atau Jogja gaes. Kamu yang berada di wilayah Sumatera juga punya destinasi wisata alam menarik dan istimewa kok. Habiskan liburanmu di sini. Foto selfie di Pulau Pahawang juga mantul buat dipajang di instagram.

Pulau ini memang masih terbilang baru dan berada di kecamatan Punduh Pidada, Pesawaran, Lampung. Mulai ramai dikunjungi wisatawan yakni sekitar tahun 2011 lalu. Tapi tidak sedikit pula pengunjung yang datang ke sana. Setiap pekannya tercatat sekitar 550 hingga 800 orang pelancong yang melabuhkan diri untuk liburan ke sana.

Pulau Pahawang bahkan mendapat julukan sebagai salah satu kepingan surga yang tersembunyi lho, karena memang pulau ini masih terbilang asing bagi khalayak. Bukan hanya pemandangan pesisir pantainya yang keren, kawasan bawah lautnya pun sangat memikat. Intinya pulau Pahawang cocok deh masuk ke dalam daftar kegiatan snorkelingmu. Buat jaga-jaga, harga sewa alat snorkeling di sana berkisar Rp 50.000,- sampai Rp 75.000,-/orang. Tapi buat kamu yang punya peralatan lengkap snorkeling tidak usah menyewanya lagi. Jangan lupa bawa waterproof gaes saat menyelam. Cek lagi yuk apa saja jenis wisata lainnya!

Jenis Wisata

Pulau Pahawang menyediakan destinasi wisata bahari, seperti wisata air. Dan kegiatan snorkeling merupakan daya tarik utamanya di sana. Kamu bisa melihat indahnya biota laut yang beragam. Wah air pantainya juga jernih. Pokoknya kamu gak bakalan nyesal deh pergi ke sini. Pun dengan sunrise dan sunset, jangan lewatkan untuk berfoto ria sambil menikmati momen ini. Feeds instagrammu pastinya akan lebih keren dong dengan siluet-siluet. Yuhuuu..

Oh iya Pahawang memang terbagi ke dalam dua bagian. Ada Pahawang kecil dan ada pula Pahawang besar. Nah di sekitar Pahawang besar ini, spot snorkeling yang paling terkenal adalah taman nemo. Kamu sepuasnya akan dapat melihat ikan imut yang satu ini. Terus teringat deh dengan film animasi “Finding Nemo”. Jangan lupa foto juga gaes.

Terus selanjutnya ada Tanjung Putus. Tanjung Putus adalah jembatan alami berupa pasir yang menyambungkan pulau Pahawang kecil dengan wilayah Tanjung Putus. Unik sih karena jembatan pasirnya hanya akan muncul ketika laut sedang surut. Jadi ketika arus pasang sedang naik, jangan harap ya melihat jembatan ini. Soalnya pasir akan tenggelam.

Fasilitas

Buat wisatawan yang memutuskan untuk menginap. Di Pahawang besar, terdapat 4 buah villa dengan kisaran harga Rp 2.500.000,- sampai Rp 3.500.000 untuk setiap malamnya. Sudah termasuk biaya makan. Eits tunggu dulu, satu villa bisa ditinggali sampai 40 orang lho. Bila kamu bepergian dengan teman yang hanya beberapa orang saja, kamu dan temanmu bisa menginap di homestay. Harga sewa homestay di sana beragam. Mulai dari Rp 600.000,- hingga Rp 1.500.000,- per malam.

Rute Ke Pulau Pahawang

Oke gaes, nih panduan rute buat kamu.

  • Menggunakan Jasa Kendaraan Umum

Dari pelabuhan Bakauheni, kamu perlu naik bis menuju Bandar Lampung. Kira-kira perjalanannya sekitar dua jam terus nanti berhenti di terminal Rajabasa. Oh iya ongkos dari Bakauheni ke terminal Rajabasa biasanya Rp 25.000,-.

Nah sampai di Rajabasa, pilih angkutan umum ke Tanjung Karang. Angkotnya berwarna biru, biasa sih waktu tempuh untuk sampai ke Tanjung Karang sekitar 30 menit. Buat kamu yang masih pendatang baru, jangan lupa sampaikan ke supir angkot bahwa kamu akan turun di pasar bawah Ramayana ya. Fyi, ongkos angkot di Lampung Rp 3.000,-

Nanti setelah dari sana naik angkot lagi ke Teluk Betung. Biasanya angkot jurusan Tanjung Karang – Teluk Betung berwarna ungu atau merah maroon, kamu turun lagi deh di Gudang Garam. Setelah di Gudang Garam, kamu akan naik mobil pickup menuju dermaga Ketapang. Ongkosnya sekitar Rp 10.000,-

Dari dermaga Ketapang kamu dapat menyewa perahu supaya diseberangkan ke Pulau Pahawang. Akan tetapi kapal ini memiliki kapasitas angkut gaes. Kapasitas angkut sebanyak 15 orang dengan biaya Rp 500.000,- per hari. Emang agak mahal sih. Tapi bagi traveler, kepuasan adalah yang utama.

  • Menggunakan Kendaraan Pribadi

Buat kamu yang menggunakan kendaraan pribadi, well dari Bakauheni nantinya menuju Bundaran Gajah Lurus ke arah Teluk Betung. Lalu melanjutkan arah ke Padang Cermin (Way Ratai). Di sana nanti ada penunjuk jalan yang bisa memandu kamu  supaya meminimalisir tersesat di jalan.

Selamat liburan 🙂