Santaibanget – Pantai masih menjadi salah satu destinasi pilihan liburan keluarga. Biasanya pantai ramai dikunjungi saat hari-hari besar nasional dan juga akhir pekan. Apakah anda salah satu penikmat pantai?

Tunggu dulu, saat anda memutuskan untuk berlibur ke pantai jangan lupa membawa sejumlah perlengkapan. Misalnya topi pantai, baju ganti, kamera, serta keranjang makanan. Pada saat sore senja (menjelang malam), suasana di pantai akan menampakkan sunset. Anda bisa mengabadikan momen di sana. Lalu bagikan ke sosial media.

Bagi anda yang berdomisili di Medan sekitarnya, tentu pantai mangrove (pantai bakau) sudah tak asing lagi bagi anda. Pantai mangrove terletak di desa Muara Maimbai kecamatan Sei Naga Lawan, Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara. Pantai mangrove ini bisa menjadi alternatif liburan akhir pekan.

Ekowisata Mangrove Kampoeng Nipah kab. Sergei | komunitastkj

Keindahan dari pantai ini bukan hanya karena pasirnya yang berwarna putih dan bersih, melainkan banyak pohon mangrove yang tumbuh di sana. Semakin rimbun menghijau. Sehingga membuat suasanya menjadi teduh, sejuk, dan asri. Ditambah lagi pondok-pondok di tepi pantai akan menambah sensasi yang menikmati desiran air laut. Ada pula jembatan yang menghubungkan pantai dengan hutan mangrove yang kadang dijadikan pengunjung sebagai salah satu spot foto favorit di kawasan pantai mangrove. Tempat ini juga kerap dipadati wisatawan yang datang dari dalam dan luar kota untuk menikmati suasana pantai mangrove serta belajar mengenal lebih dekat tentang tumbuhan bakau. Luas pantai ini memiliki luas sekitar enam hektar dan merupakan sebuah lokasi ekowisata mangrove terpadu berbasis masyarakat pertama di Indonesia. Lalu mengapa disebut berbasis masyarakat? Pasalnya semua pengelolnya adalah masyarakat setempat yang tinggal disekitar kawasan pantai.

Untuk bisa sampai ke lokasi ini, anda bisa memilih jenis transportasi darat apa saja. Jika menggunakan transportasi umum, anda dapat berhenti di simpang pantai Klang, kecamatan Sei Buluh. Dari simpang pantai Klang, perjalanan dilanjutkan menuju kampung Nipah kurang lebih sekitar 8 (delapan) km lagi. Tenang.. Kondisi jalan menuju kampung Nipah sudah cukup baik kok dan beraspal. Anda bisa melanjutkan ke sini dengan menggunakan bus atau ojek motor yang bisa disewa. Sebelum mendapati pantai mangrove, anda akan melihat sebuah jembatan yang telah dipasang plang penunjuk arah. Bila anda yang baru pertama kali, tak usah khawatir menuju tempat ini. Lebih disarankan menggunakan sepeda motor. Anda bisa menempuh perjalanan sekitar tiga jam untuk sampai ke lokasi pantai.

Memasuki desa wisata ini, anda akan menemukan masyarakat melayu pesisir yang ramah. Penduduk setempat bahkan senang bercerita kepada pengunjung. Anda dan kelompok anda akan disambut hangat saat memasuki wilayah destinasi ini. Jadi jangan lupa juga untuk selalu membalas keramahan mereka, terutama jangan sampai anda merusak ekosisten yang ada.

FASILITAS DI PANTAI MANGROVE

Fasilitas di pantai ini sudah terbilang memadai. Pengunjung dapat menikmati berbagai fasilitas yang disediakan pengelola, seperti:

  1. Kantin
  2. Pepondokan
  3. Toilet
  4. Tempat Sholat
  5. Area memancing ikan dan menangkap kepiting
  6. Beberapa homestay
  7. Hutan mangrove (bakau)

Biaya retribusi masuk ke lokasi pantai sebesar Rp 10.000,- dan biaya parkir sepeda motor sebesar Rp 10.000,-/motor.

PANTAI YANG BERSIH

Sejauh pengamatan tim santaibanget.com, kawasan wisata ini cukup terbilang bersih dan pasirnya putih mengilau. Tak terlihat sampah berserakan dimana-mana sebab dibeberapa dekat pemondokan sudah disediakan tong-tong sampah atau bak sampah. Bagi anda yang hobi mengubur diri dalam pasar, di sini tempat yang rekomendasi juga. Anda dan anak-anak bisa bermain pasir dan membangun menara pasir menikmati quality time bersama keluarga tercinta.

Bagi anda yang suka mengumpulkan cangkang dan kerang laut yang sudah tak berisi, pasir ditepian pantai mangrove di kampung Nipah Serdang Bedagai menjadi solusinya. Banyak sisa-sisa cangkang yang mati terdampar di sini.

MENU MAKANAN DI KANTIN PANTAI

Selain pantai yang bersih yang mampu memanjakan mata anda, terdapat informasi petunjuk harga makanan dan minuman pada kantinnya. Sehingga saat anda berkunjung ke sini bisa menyesuaikan budget atau uang yang anda bawa. Harga-harga makanannya juga tergolong standart. Tidak terlalu mahal.

Menu-menu makanan dan minuman yang ditawarkan oleh pengelola tempat wisata ini berupa:

  • aneka hidangan seafood (kepah, ikan, kepiting, dan udang)
  • kelapa muda
  • sirup dingin
  • teh manis
  • nasi goreng
  • mie goreng

Jika ingin mandi, ada kamar mandi dengan air yang bersih walau bentukannya masih kamar mandi umum yang sederhana.

BELAJAR MENGENAL BAKAU

Gapabel Tanam Mangrove di Pasir Putih Pantai Labunaji - Pos Belitung

Sesampainya di lokasi, bila anda memilih untuk mempelajari seluk beluk pohon bakau (mangrove), anda akan diarahkan tour guide lokal. Tour guide akan menjelaskan kepada anda jenis-jenis tanaman mangrove, manfaat mangrove, tata cara menanam mangrove, hingga jenis mangrove yang bisa diolah sebagai produk makanan khas. Produk makanan olahan mangrove tersebut antara lain:

  • keripik
  • teh jeruju
  • jeruju
  • dodol
  • sirup

Untuk dodol dan sirup hanya akan ada sesuai musim karena bahan dasarnya juga bermusim, sementara itu untuk minuman juruju, keripik, serta jerujunya selalu tersedia dimusim apapun. Cemilan ini banyak disukai para pelancong pantai.

FAKTANYA DESA WISATA PANTAI MANGROVE DIPELOPORI OLEH PASUTRI

Mereka adalah pasutri Sutrisno dan Jumiati. Bersama dengan rekannya, mereka pernah mendapatkan pernghargaan pada tingkat Nasional maupun taraf Internasional. Salah satu bentuk penghargaan yang didapat yaitu penghargaan Adhi Bakti Bina Bahari yang merupakan penghargaan dari organisasi nirlaba Inggris. Tim mereka masuk dan dikategorikan sebagai pahlawan pangan perempuan Indonesia pada tahun 2013.

Jadi tunggu apalagi? Silahkan rencanakan liburan akhir pekan anda ke pantai mangrove yang ada di Serdang Bedagai. HAPPY HOLIDAY 🙂