Kalang Ulu, Brastagi

Kalang ulu adalah sebuah hotel yang terletak berdekatan dengan kota Brastagi. Terletak di jalan mimpin tua, desa Sempajaya peceren, berastagi, (Kearah Berastagi resort / vihara dharma shanti), Sempajaya, Kec. Berastagi, Kabupaten Karo, Sumatera Utara 22152.

Hotel dengan konsep pedesaan ala Bali ini merupakan hotel baru yang mulai beroperasi sekitar akhir tahun 2019. Pemandangan yang indah dan pilihan ruangan yang cukup banyak ini menjanjikan kepuasan untuk anda. Jika anda berlibur sekeluarga, santaibanget merekomendasikan anda untuk mengambil room suite. Selain mempunyai balkon pribadi, juga mempunyai ruang tamu dan dapur yang luas. Sayangnya, room suite ini terbatas.

interior room suite kalang ulu hotel

Untuk pemesanan kamar hotelnya, sebaiknya jauh hari sebelumnya karena tempat ini sebenarnya cukup populer walaupun tergolong baru.

Berita baiknya adalah saat ini hotel sedang melakukan ekspansi sehingga diharapkan 2-3 tahun kedepannya lebih banyak kamar tersedia untuk pengunjung.

Nilai lebih dari hotel Kalang Ulu:

Perjalanan yang dekat ke pusat kota brastagi, lebih kurang 15 menit ke pasar buah brastagi dan kotanya juga.

Hal yang bisa anda lakukan:

Mengenai hal yang harus dilakukan jika anda menginap di hotel ini adalah berkunjung ke tempat wisata sekitarnya, diantaranya adalah:

Peternakan Sapi

Berkunjung ke Peternakan sapi australia, dari hotel Kalang Ulu sekitar 30 menit. Disini anda dapat melihat kumpulan sapi hitam putih australia, hewan penghasil susu sapi terbaik, cara beternak sapi, cara memerah susu sapi (terjadwal). Sedikit kekurangan, tempat ini agak berbau khas sapi. Maklum, banyaknya jumlah sapi yang diternak di peternakan ini.

Focus point:

  1. Susu Sapi – Susu sapi yang segar dari sapi perah australia. Dijual per botol 1 liter.
    Untuk susu sapi ini terdiri dari 3 rasa: strawberry, cokelat dan vanilla. Yang paling favorit adalah susu sapi strawberry karena terbuat dari susu segar dan strawberry asli.
  2. Yoghurt – Yoghurt yang merupakan 1 dari 3 produk terfavorit ini sangat segar, namun sehubungan dengan proses pembuatan yang memakan waktu lumayan panjang, produk yang satu ini selalu kosong barang.
  3. Es Krim – Seperti halnya susu sapi, es krim strawberry merupakan sesuatu yang perlu anda coba.

Taman buah petik sendiri, tersebar di sekitar jalan brastagi

Tips: perhatikan hasil ladangnya terlebih dahulu, tidak jarang banyak yang mengecewakan (opini jujur).

Kuliner ke Rumah Makan Eropa

Konon rumah makan ini dan merupakan satu dari dua restoran chinese terbaik di Brastagi. Di design ulang oleh salah satu interior designer bernama Darwin Tanrumah makan ini terasa unik dan indah dengan sentuhan sentuhan khas mulai dari dinding yang di lukis dengan lukisan awan dan kabut, dengan perpaduan tempat duduk dan meja yang unik menjadikan tempat ini layak untuk anda coba. Adapun makanannya yang mengusung konsep cepat saji ala chinese food sangat cocok untuk anda yang tidak ingin waktu terbuang ditempat makan hanya untuk menunggu hidangan makanan.

Pasar Buah Brastagi

Anda dapat berkeliling dan berbelanja buah, sayur mayur dan berbagai suvernir khas brastagi, tanah karo di dalam pasar ini. Terdapat pula tanaman-tanaman hias yang lucu dan unik yang sangat memancing gairah bercocok tanam anda. Namun, anda harus ingat, tidak semua tanaman hias yang dijual disini cocok dengan iklim perkotaan yang notabene panas.

Feed the Rabbit

Di salah satu sudut pasar brastagi, terdapat penjual hewan seperti kelinci, hamster, marmut dan anjing. Jika anda ingin menyenangkan anak-anak anda, bawalah ke penjual kelinci ini dan anda dapat memberi makan kelinci tersebut hanya dengan harga Rp. 5.000,- per seper empat batang wortel dipotong memanjang.

feed the rabbit

Naik kuda, delman / sado keliling kota

Sesekali anda dapat mencoba untuk berkeliling kota dengan menunggang kuda bersama anak, ataupun sendiri. Atau, anda dapat menaiki delman/sado untuk berkeliling sejenak. Untuk urusan jalur, terdapat dua rute pilihan yaitu putaran kecil dan putaran besar. Sebagai saran, sebaiknya kita ambil putaran panjang karena akan terasa sangat singkat jika mengambil putaran kecil jika kita berkuda atau menaiki sado/delman.

Lihatlah pada papan petunjuk sekitar simpang / sudut pasar, disana anda akan melihat daftar harga yang sudah ditentukan oleh pemerintah daerah setempat. Adapun saat artikel ini ditulis, harga untuk putaran kecil adalah Rp. 50.000,- dan putaran besar Rp. 100.000,-.

naik kuda brastagi

Tentu saja…

Jangan pernah anda lewatkan yang namanya makan jagung jika anda berkunjung ke brastagi. Jagung bakar dan jagung rebus adalah produk khas yang harus anda coba. Kemudian, air tebu yang sangat manis dan cemilan cemilan lainnya seperti kacang rebus, kentang goreng dan lain sebagainya dapat anda nikmati semua sambil bersantai di pasar brastagi.

jagung rebus brastagi

jagung bakar, brastagi

Akhir kata, Selamat berwisata dari tim santaibanget.com