Desa Wisata Pujon Kidul adalah salah satu wisata yang ada di Malang terletak Kecamatan Pujon, Malang, Jawa Timur. Anda dapat menempuh jarak sekitar 30 kilometer dari pusat Kota yang akan menghabiskan waktu kurang lebih 1.5 jam. Desa wisata pujon Kidul cukup untuk dijangkau melalui beberapa jalur alternatif.

Jika anda berangkat dari Jaln Raya Ir. Soekarno, Anda bisa menempuh jarak kurang lebih 38.5 kilometer dan mengahbiskan waktu kurang lebih 2 jam di perjalanan.

Jika melalui jalan Raya Lwang sampai ke Malang, anda akan menempuh jarak sekitar 36.6 kilometer dan menhabiskan waktu sekitar 2 jam. Jika anda melewati jalan Trinojoyo,a nda membutuhkan waktu tempuh sejauh 36.3 kilometer dan dapat memakan waktu tempuh kurang lebih 1 setengah jam.

Saat anda sampai di Desa Wisata Pujon Kidul, anda akan mendapati banyak sekali hiburan berupa tempat-tempat spot foto yang bagus dan kuliner yang lezat serta suasana pedesaan yang sejuk dan asri. Selain itu karena lokasinya berada di dataran tinggi, maka dipastikan udara di sini sangat sejuk dan banyak pemandangan alam yang indah terpelihara.

Desa Wisata Pujon Kidul menawarkan fasilitas outbond seperti bermain paintball, ATV, trail, dan panahan. Anda dapat menggunakan ATV untuk menyusuri perkebunan dan pertanian yang ada di sana.

Disana anda juga akan belajar mengenal dunia pertanian dan peternakan. Karena ada beberapa pertanian seperti tomat, cabai dan tumbuhan kecil. Dan peternakan sapi yang menghasilkan susu perah terbaik.

Untuk warga yang ingin menginap juga tidak perlu khawatir karena di desa ini menyediakan homestay atau tempat menginapan yang sesuai budget. And abisa menikmati beberapa malam di desa ini. Setiap paket tersedia dengan berbagai varian harga yang ditawarkan penyedia penginapan.

Selain itu anda juga akan mendapati kesenian dan budaya masih kental di daerah ini. Sehingga saat anda datang berkunjung anda juga dapat belajar mengenai seni yang ada dan ikut serta dalam memainkannya.

Kuliner di Desa Wisata Pujon Kidul juga tidak kalah menarik. Banyak pilihan kuliner yang pastinya merupakan kuliner pedesaan khas Pujon Kidul dan kuliner pedesaan lainnya.

Café Sawah

Konsep café yang secara kontenporer dengan sajian pemandangan alam dan suasana sawah menjadi tempat yang cocok untuk menghilangkan penat dari kesibukan sehari-hari. Kafe Sawah juga menjadi salah satu destinasi wisata andalan di Desa Wisata Pujon Kidul.

Cafe Sawah juga menyediakan tempat berselfie yang unik dan pastinya instagramable. Selain hamparan sawah yang sejuk dan indah , anda juga akan menemukan tempat spot yang cantik untuk berfoto atau berselfie. Beberapa spot itu ialah taman bunga, jembatan hingga bangunan yang terbuat dari bambu, pemandangan dengan latar belakang pegunungan, dan masih banyak lagi.

Beberapa tempat juga sangat cocok untuk dijadikan lokasi foto pre-wedding. Jika anda ingin melakukan pemotretan di sana, anda bisa membawa sendiri peralatan sendiri atau anda juga bisa menghubungi pengelola yang ada, karena di sana juga menawarkan paket pre-wedding dengan harga yang cukup terjangkau.

Tidak jauh dari sana, anda juga dapat berkuda di dataran tinggi dengan pemandangan pegunungan yang ada di sekitar. Cafe sawah juga cocok untuk wisata keluarga.

The Roudh 78

Desa Wisata Pujon Kidul juga memiliki The Roudh 78. The roudh 78 ini menawarkan berbagai kegiatan fisik yang seru. Tempat ini sangat cocok untuk anda yang ingin memacu adrenalin, karena di sini anda dapat melakukan kegiatan off road dengan jeep tempur yang sudah disediakan. Anda akan diajak berkeliling Desa hingga menyusuri perkebunan, peternakan, dan persawahan yang ada di sana.

Selain itu anda juga bisa bermain paintball dan seolah-olah sedang melakukan perang melawan musuh. Paintball ini pastinya tidak membahayakan, jadi jangan kuatir karena pelurunya terbuat dari cat.

Konsep The Roudh 78 sendiri dikonsepkan mirip dengan daerah yang ada di Texas, jadi jika anda ingin berkuda atau seolah-olah menjadi seorang koboy, di sini juga di sediakan penyewaan busana koboy dan kuda yang bisa ditunggangi.

Air Terjun

Anda bisa melakukan hiking di kawasan air terjun atau coban. Untuk menuju ke coban di Pujon Kidul anda harus berjalan menyusuri perbukitan dan perkebunan warga. Beberapa coban atau air terjun yang ada di Pujon Kidul antara lain seperti Coban Sumber Pitu, dan Coban Manan.

Coban Sumber Pitu memiliki keunikan pada aliran air terjunnya. Terdapat beberapa aliran air terjun yang seakan tertambat pada lerengnya. Coban Sumber Pitu merupakan air terjun yang sudah cukup hits di Pujon Kidul. Sehingga perjalanan untuk menuju ke Coban Sumber Pitu tidak terlalu sulit.

Untuk menuju kesana anda membutuhkan tenaga yang ekstra karena untuk akses ke air tejun ini sulit.

Tips : Jika ingin pergi ke wisata air terjun sebaiknya jangan sendiri agar menghindari hal-hal yang tidak di inginkan.

Lihat Lokasi di Map