Danau Ranu Agung merupakan salah satu danau terbaik yang berada di Jawa Timur, tepatnya Kabupaten Probolinggo. Danau ini terbentuk karena disebabkan oleh letusan Gunung Lemongan yang sampai sekarang masih berstatus aktif.

Jika anda melihat danau ini dengan sekilas, Danau ini akan terlihat seperti mangkuk yang mirip dengan bekas kawah.

Bagi anda yang sangat menyukai tantangan dan menjelajah alam, tempat ini sangat direkomendasikan untuk anda. Panorama alamnya snagat indah.

Saat anda sampai di danau ini, anda akan merasakan suasana yang sangat alami, jauh dari keribuatn dan polusi udara. Karena udara di danau ini sangat sejuk dan air didalam juga sangat jernih. Tebing tebing yang menjulang tinggi berada di sisi danau yang menajdi daya tarik danau tersebut atau menambah keindahan pada danau lebih seperti lukisan.

Lihat juga : PESONA PULAU LENGKUAS, BANGKA BELITUNG

Bukan hal yang mengherankan jika para wisatawan ingin berlama-lama di danau ini. Selain karena sejuk dan nyaman, danau sangat tepat untuk jadi tempat relaksasi. Dan yang menariknya lagi para wisatawan akan disuguhkan dengan pemandangan Gunung Lemongan yang berdiri menjulang cukup besar dan jelas.

Selain anda bisa memandangi keindahan danau, anda juga bisa berkeliling danau dengan menggunakan perahu. Perahu yang disediakan disebut perhau getek. Perahu Getek sendiri adalah perahu kecil rakitan yang terbuat dari bamboo dan dililit dengan sebuah tali hingga membentuk sebuah papan yang siap utnuk dinaiki.

Dari atas perahu, anda bisa mengambil objek foto dari berbagai sudut pandang anda. Anda juga bisa berselfie ria di atas perahu getek di tengah danau.

Keindahannnya akan sangat luar biasa karena pemandangan akan sangat jelas terlihat cantiknya jika berada di tengah danau.

Lokasi Danau Ranu Agung sedikit tersembunyi, dan tidak seperti tempat wisata pada umumnya yang dapat di jangkau dengan mudah dengan menggunakan kendaraan bermotor. Rute yang harus ditempuh cukup menanjak dengan melewati sederetan hutan belantara.

Di lokasi juga tidak terdapat fasilitas pendukung seperti toilet, musholla, warung dll. Oleh karena itu, wisatawan harus membawa bekal sendiri dari rumah apabila menginginkan makanan dan minuman. Kabar baiknya, dengan tidak adanya bangunan bangunan di sekitar danau, membuat originalitas danau ini tetap terjaga dengan baik.

Lokasi Danau Ranu Agung

Sesuai dengan namanya, danau ini terletak di desa Ranu Agung, Kecamatan Tiris, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur. Dalam perjalanan menuju lokasi, wisatawan akan disuguhi dengan pemandangan perbukitan yang indah sehingga perjalanan yang panjang pun terasa tidak melelahkan.

Untuk sampai ke danau ini rute yang dapat di tempuh mulai dari Kota Probolinggo lalu ke Kecamatan Krucil setelah itu anda akan melewati kecamatan Tiris hingga anda sampai ke Desa Ranu Agung tak jauh dari desa anda akan sampai di Danau Ranu Agung.

Lihat juga : PULAU LABENGKI, RAJA AMPATNYA SULAWESI TENGGARA

Sebaiknya berhati hati jika ingin berkunjung ke danau ini, karena akses jalan sedikit sempit, terutama ketika berpapasan dengan kendaraan roda 4. Sempit nya jalan ini dikarenakan oleh tanah longsor, yang menyebabkan ruas kanan kiri jalan sedikit demi sedikit terkikis.

Untuk berkunjung ke danau ini, anda tidak dikenakan biaya atau bisa dikatakan gratis. Semoga perjalanan anda menyenagkan.

Tips: Jika naik perahu getek berkeliling danau sebaiknya lebih berhati hati, karena di bagian tengah Danau cukup dalam.

Lihat lokasi di Map