Kuil Kek Lok Si berlokasi di daerah Air Hitam, tidak jauh Pasar Air Hitam. Lokasinya bisa dijangkau sekitar setengah jam dari pusat kota George Town, jika tidak macet.

Untuk menuju ke kuil ini anda bisa menggunakan transportasi umum dari George Town.  Anda bisa menuju kuil naik Bus Rapid Penang 201, 203, atau 204. Lalu berhenti di halte bus yang berada di sepanjang Jalan Pasar di kaki bukit kuil.

Dari halte anda bisa mengikuti penunjuk arah yang ada di sana hingga sampai ke kuil. Hal Menarik di Kuil Kek Lok Si Kuil Kek Lok Si memiliki daya tarik pagoda tujuh tingkat yang menakjubkan, yaitu pagoda Rama VI (pagoda 10.000 Budha).

Lihat juga : TAMAN LAUT BUNAKEN, SULAWESI UTARA

Pagoda Rama VI

Pagoda ini selesai dibuat pada 1930. Kuil Kek Lok Si terkenal dengan 10.000 patung Buddha pualam dan perunggu di dalamnya ini.

Pagoda ini dirancang untuk menyimbolkan harmoni Buddha Mahayana dan Buddha Theravada. Selain itu, pagoda juga memadukan rancangan bentuk dasar oktagonal China dengan bagian tengah mengambil gaya Thailand, dan menggunakan atap bergaya Myanmar.

Cara sampai ke Puncak Naik Tangga atau Lift. Berkunjung ke Kuil Kek Lok Si, pengunjung wajib mengunjungi puncak. Karena di puncak pagoda pengunjung akan menemukan patung Dewi Kwan Im yang ikonik.

Selain itu, pengunjung juga akan dimanjakan dengan pemandangan Penang dari ketinggian. Untuk bisa sampai puncak pagoda, pengunjung bisa naik tangga atau naik lift. Bagi pengunjung yang ingin naik lift dikenai biaya tiket sekitar Rp 7 ribuan.

Saat anda berkunjung ke kuil Kek Lok Si, anda bisa menjelajah keindahan kuil sembari mempelajari budaya dan sejaarah yang berada di daerah tersebut. Kuil Kek Lok Si berlokasi di Tingkat Lembah Ria 1. 11500 Ayer Itam, Pulau Penang, Malaysia.

Kuil ini kerap dikunjungi wisatawan berbagai manca negara yang saat liburan berada di Penang karena lokasinya berada di area yang cukup luas. Kuil ini disebut sebut sebagai satu diantara kuil Buddha terbesar yang berada di Asia Tenggara, sekaligus menajdi salah satu kuil yang terkenal di Penang.

Dilansir dari berbagai sumber, pengunjung bisa datang ke Kuil setiap pukul 07 : 00 waktu setempat. Semnetara itu, kuil akan tutup pada malam hari sekitar pukul 21 : 00 waktu setempat.

Lihat juga : RUMAH POHON HABITAT, LANGKAT SUMATERA UTARA

Pada malam hari anda bisa menikmati nyala lilin di kuil ini. Pesona lampu kerlap-kerlip pun akan membuat bangunan kuil menjadi semakin cantik.

Saat anda berkunjung ke kuil ini, anda tidak akan dikenakan biaya apapun untuk berkeliling di pelataran candi.

Kecuali, bagi pengunjung yang ingin masuk ke pagoda dan naik Sky Lift dipungut biaya tiket masuknya. Pengunjung dipungut biaya tiket saat naik Sky Lift untuk sampai puncak sekitar 2 Ringgit Malaysia atau setara dengan Rp 7 ribuan.

Tips : Berkunjunglah pada malam hari karena pemandangan akan lebih imdah dan menarik ketika malam hari.

Lihat lokasi di Map