Santaibanget – Pulau Labengki terkenal dengan sebutan raja ampatnya Sulaweis Tenggara. Pulau ini memiliki nuansa yang sama dengan Raja Ampat yaitu terdiri dari karang-karang besar diatas samudera. Selain keindahan diatas nya, pulau ini juga memberikan keindahan di bawah laut yang sangat banyak dikagumi oleh wisatawan.

Berbagai biota laut yang hidup disini dan masih terjaga kealamianya. Dipulau ini banyak terdapat titik-titik spot penyelaman yang sangat berkelas dan di perairan ini menjadi habitat Speciaes Kima atau Kerang Raksasa yang bisa mencapai besar sekitar 50cm. Dan Kima disini tercatat sebagai Kima terbesar kedua didunia. Sehingga tempat ini menjadi salah satu tempat peneliti, konservasi dan penangkaran Kima.

Saat anda sampai di pulau ini, anda bisa mengelilingi pulau dengan menikmati keindahannya. Anda juga bisa menyelam ataupun snorkling di Labengki, selain itu bisa juga untuk memancing, berbagai ikan bisa anda dapatkan dengan memancing di pulau ini sperti ikan Barakuda, Kerapu, tuna sirip kuning, kakap merah dan ikan layar.

Baca juga : TAMAN LAUT BUNAKEN, SULAWESI UTARA

Pantai yang memiliki pasir putih dan banyaknya pohon kelapa membuat pulai ini sangat tepat untuk menajdi tempat bersantai sembari membakar ikan yang telah di pancing.

Secara administratif masuk ke dalam wilayah Kabupaten Konawe Utara, Provinsi Sulawesi Tenggara. Akses Pulau Labengki dapat dijangkau dari Kota Kendari, Ibu Kota Provinsi Sulawesi Tenggara, Anda bisa melalui jalan darat sekitar 1 jam menuju daerah Toli-Toli Kabupaten Konawe. Dari Toli-Toli, dilanjutkan perjalanan dengan kapal kurang lebih 3 jam perjalanan untuk tiba di Pulau Labengki.

Bagi anda yang ingin menginap di pulau ini, anda bisa pergi ke kampung Bajo, kampung yang paling dekat dengan semua destinasi wisata. Anda bisa menginap di perumahan penduduk yang memiliki kamar rata-rata 8 kmar tidur dan 5 kamar mandi. Jadi anda tidak akan kesulitan jika berlibur bersama keluarga, teman maupun sahabat karena bisa beristirahat dalam satu rumah. Dengan fasilitas tersebut sudah bisa dikatakan nyaman meskipun listrik atau penerangan masih terbatas karena masih menggunakan mesin genset.

Jadi kalau siang hari otomatis tidak ada listrik, dengan kata lain listrik di sana masih sebatas di malam hari. Pulau Labengki secara administratif masuk ke dalam wilayah Kabupaten Konawe Utara, Sulawesi Tenggara dan dapat di jangkau dari Kota Kendari, Ibu Kota Provinsi Sulawesi Tenggara.

Biasanya para wisatawan akan diajak untuk ke pulau Lasolo terlebih dahulu. Pulau Lasolo adalah pulau yang tidak berpenghuni yang memiliki luas sebesar 81.800 ha yang dilindungi dan di jaga dibawah KLHK. Teluk Lasolo memiliki pasir putih agak kemerah mudaan (pink) yang lembut sehingga wisatawan bisa bermain pasir sambil menikmati senja di pulau ini.

Baca juga : PESONA PULAU LENGKUAS, BANGKA BELITUNG

Selain itu wisatawan bisa melihat lihat batu batu karang yang besar, serta para traveler pun bisa menaikinya akan tetapi para traveler harus hati hati karna batu karang tersebut sangat tajam, tergores saja sedikit kulit akan langsung berdarah, atau pakaian bisa langsung robek.

Fasilitas yang disediakan dalam pulau ini memang belum lengkap karena hanya beberapa masyarakat yang ada disana. Namun saat anda ingin mandi utnuk berbilas diri dan menginap bisa menumpang di Posko Tim Konservasi. Atau berkunjung ke kampung Bajo.

Tips : Perhatikan barang yang dibawa dan jangan menyusuri pulau dengan sendirian atau hingga malam hari karena akan berbahaya karena penerangan jalan masih minim.