Pulau Lengkuas Belitung terletak di Provinsi Bangka Belitung merupakan pulau kecil yang menyimpan sejuta keindahan alam di dalamnya. Selain keindahan dari wisata pulaunya, Pulau ini juga menjadi saksi bisu dari sejarah perjuangan kemerdekaan Indonesia.

Wisata di Bangka Belitung sudah terkenal akan keindahan dan sejarah Kemerdakaan Indonesia maka tidak heran para wisatawan tertarik berkunjung di tempat ini.

Lokasi wisata berada di Kepulauan Bangka Belitung, Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung, Provinsi Bangka Belitung. Untuk mencapai pantai Lengkuas harus melalui pnatai tanjung Kelayang, Pantai Tanjung Binga atau Pantai Tanjung Tinggi. Transportasi yang digunakan ialah Perahu Motor yang di sewakan oleh masyarakat setempat. Waktu yang harus di tempuh kira-kira sekitar 30 menit.

Sangat disarankan datang bersama orang banyak seperti teman, kelompok atau saudara. Karena harga tariff sewa perahu motor buka dihitung berdasarkan jumlah orang melainkan berdasarkan rombongan. Biaya yang dikeluarkan untuk ke Pulau lengkuas umumnya sebesar Rp. 350.000 hingga Rp.500.000.

Lihat Juga : KEBUN TEH BAHBUTONG, SIDAMANIK SIMALUNGUN, KEBUN TERBESAR DI SUMUT

Harga yang ditawarkan berbeda-beda, tergantung dari fasilitas serta ukuran perahu yang di sewakan.

Untuk Keindahannya, pulau ini dipenuhi dengan bebatuan besar unik yang khas dan pepohonan kelapa rimbun di tanah seluas 1 hektar serta garis pantai yang unik.

Pasir lengkuas di pantai berwarna putih dan bersih ditambah dengan latar belakang pepohonan kelapa dan perairan laut yang berwarna hijau kebiruan menyegarkan setiap mata yang memandang.

Bebatuan yang berada di pulau sangat menarik. Bebatuan alam menjorok kea rah laut di satu sisi diantara sisi pulau dan ukuran nya bak raksasa. Anda pun bisa berjemur diatas batu tersbut atau diekitaran pantai karena udara yang sejuk dan segara kan membantu anda menenangkan pikiran anda. Karena pantainya yang bersih, anda bisa berjalan-jalan menyusuri pinggiran pantai sembari menikmati hembusan angina yang sangat sejuk.

Dengan beragam keindahan yang ditawarkan wisata di pulau ini menjadi primadona di kepulauan Bangka Belitung. Yang menjadi daya tarik dari pulau ini ialah bebatuan alam raksasa, dan mercusuar bersejarah serta menjadi salah satu dari ratusan pulau yang mengelilingi pulau Belitung.

Lihat juga : MEMANDANG KEINDAHAN DANAU TOBA DARI KETINGGIAN GEOSITE SIPINSUR

Tidak tangung-tanggung para wisatawan bisa melihat pesona pulau ini dari sudut pandang yang berbeda yaitu memandang tepatnya dari mercusuar. Meski menaiki mescusuar ini membutuhkan waktu dan tenaga karena harus menaiki banyak tangga namun banyak pengunjung yang rela bersusah payah menaiki mercusuar untuk menikmati keindahan dan kesejukan Pulau ini.

Jumlah anak tangga mercusuar bervariasi disetiap lantainya yaitu anatar 11-19 disetiap lantai. Sedangkan total tinggi mercusuar yaitu 50 hingga 60 meter dengan berdiri tegak seakan memnembus langit biru.

Tinggi mercusuar mencapai 18 lantai sehingga membutuhkan banyak tenaga untuk menaikinya. Selain itu anda akan melewati beberapa pengunujung yang juga ikut menaiki mercusuar tersebut.

Tempat yang paling tepat untuk menikmati sekeliling pulau ini ialah di atas merana. Untuk menuju Menara tentunya anda harus menaiki mercusuar. Anda juga akan di suguhkan dengan pemandangan pulau lainnya yang berada disekitar pulau ini, seperti pulau-pulau kecil yang mengelilingi pulau Lengkuas.

Mercusuar di bangun pada tahun 1889 karena letak dari pulau lengkuas tidak terlalu jauh dari pulau induk Belitung, sehingga lokasi cocok untuk didirikan mercusuar.

Pemerintah Belanda mendirikan mercusuar sebagai alat navigasi ketika malam hari bagi kapal-kapal melintas disekitar-nya.

Lihat juga : GOLDSTAR 360 BANDUNG, BANDUNG, INDONESIA

Yang menariknya lagi, pulau ini memiliki kolam yang terbuat secara alami dari bebatuan besar yang eksotis tanpa ada sentuhan dari tangan manusia. Anda bisa berenang di kolam tersebut yang diberi nama kolam bidadari.

Jenis batuan merupakan batuan granit yang saling menyatu satu dengan lain nya. Sehingga air laut yang berada di pulau lengkuas berkumpul jadi satu di dalam kolam bidadari.

Pulau ini sangat cocok untuk melakukan berbagai kegiatan bermain air mengunakan peralatan snorkel karena terumbu karang dengan perairan yang tidak begitu dalam.

Beragam ikan-ikan kecil berenang kesana-kemari berada di pulau ini menyusuri terumbu karang yang sangat indah bisa anda lihat.

Jika anda selesai berenang atau bermain air, anda tidak akan menemukan air bersih untuk membilas diri. Karena di pinggiran pulau ini hanya ada air minum dan kelapa muda segar dari sejumlah pedagang di dekat lokasi wisata.

Jadi jika anda ingin membilas diri, anda bisa melakukannya di Belitung saja. Tidak ketinggalan pula pengelola wisata telah menyediakan berbagai fasilitas pendukung akomodasi para pengunjung diantaranya fasilitas hotel, spot foto, kamar mandi, tempat ibadah dan lain-lain.

Karena disana disediakan spot khusus untuk memancing, bagi anda yang gemar memancing, boleh-boleh saja namun anda harus membawa alat pancing sendiri karena pihak pengelola tidak menyediakan alat pancing.

Untuk menuju spot tersebut, anda sebaiknya menyewa kapal milik nelayan atau pengelola wisata, harga sewa yang ditawarkan beragam namun tidak begitu mahal.

Lihat juga : THE LE HU GARDEN, DELI SERDANG, SUMATERA UTARA

Ikan yang berada di spot tersebut merupakan ikan-ikan yang berkelas seperti kakap merah dan ikan mayong yang sangat baik untuk dikonsumsi karena memiliki kandungan protein tinggi. Pulau yang cukup kecil tentunya rentan terhadap perubahan cuaca dan iklim ekstrim. Untuk itu selalu berhati-hati dalam melakukan perjalanan wisata.

Berbagai akomodasi yang ditawarkan untuk mendukung perjalanan wisatawan. Seperti penginapan yang memiliki fasilitas yang lengkap dan nyaman dengan harga terjangkau.

Harga sewa yang ditawarkan juga beragam mulai dari Rp. 500.000 – Rp. 2.000.000 per malam. Jika anda ingin menginap dengan biaya yang lebih ekonomis, anda bisa menyewa homestay, harga yang ditawarkan lebih terjangkau mulai dari Rp.200.000 hingga Rp. 600.000

Tips  :

  1. Berkunjunglah pada bulan Maret hingga bulan November karena pada bulan tersebut tidak termasuk musim hujan. Dan pemandangan yang indah dan mempesona ada pada musim kemarau
  2. Berkunjung bersama keluarga atau teman-teman karena tarif kapal dihitung per perahu bukan per orang.