Taman Laut Bunaken terletak di Kelurahan Bunaken Kecamatan Bunaken Kota Manado, Sulawesi Utara, Indonesia. Keindahan taman laut yang satu ini tidak akan terlupa. Selain indah dan memesona juga menakjubkan.

Untuk sampai di taman laut Bunaken, anda harus ke pulau Bunaken terlebih dahulu dengan kapal cepat (speed boat) atau kapal sewaan dengan perjalanan sekitar 30 menit dari pelabuhan kota Manado. Atau anda bisa juga menggunakan perahu motor bermesin ganda waktu yang ditempuh sekitar 50 menit.

Lihat juga : GUNUNG BROMO, JAWA TIMUR

Secara keseluruhan taman laut Bunaken meliputi area seluas 75.265 hektare dengan lima pulau yang berada di dalamnya, yakni Pulau Manado Tua (Manarauw), Pulau Bunaken, Pulau Siladen, Pulau Mantehage berikut beberapa anak pulaunya, dan Pulau Naen.

Meskipun meliputi area 75.265 hektare, lokasi penyelaman (diving) hanya terbatas di masing-masing pantai yang mengelilingi kelima pulau itu.

Secara geografis Taman laut ini terletak pada daerah “ Segitiga emas” yang merupaka jalur perairan laut yang menghubungkan Laut Papua, Indonesia dan Philipina. Laut tersebut juga memiliki keindahan bawah laut yang sangat mempesona dan sangat menakjubkan.

Di taman laut bunaken ada sekitar 3909 spesies terumbu karang, berbagai macam hewan laut, mamalia laut, reptile yang menjadi penghuni Taman Nasional Bunaken.

Lihat juga : TAMAN SIMALEM RESORT, TONGGING

Kisaran harga sewa perahu untuk menyebrang berbeda-beda ke Taman Laut Bunaken mulai dari Rp. 700.000 – Rp. 2.000.000 dan kapal ini bisa muat hingga 15 orang.

Jika anda  ingin berlama-lama di spot wisata ini. Akomodasi serta fasilitas yang lengkap dapat dengan mudah ditemui. Harga kamar permalam mulai dari Rp. 50.000.

Saat Menyebrang para wisatawan biasanya akan memilih kapal Katamaran karena selama perjalanan menuju Taman Laut para penumpang akan disuguhi dengan keindahan biota bawah laut karena ditengah kapal tersedia kaca besar yang tembus pandang dan para penumpang pun bisa langsung melihat sendiri pemandangan bawah laut yang indah dan memesona.

Saat anda sudah sampai di wisata taman laut ini, anda bisa melakukan diving dan snorkeling. Untuk menyewa alat selam dan berupa masker dan kaki katak, anda harus merogoj kantong Rp. 100.000 hingga Rp. 150.000.

Sedangkan untuk diving anda harus mengeluarkan biaya ekstra sekitar Rp. 1 jutaan. Jika anda ingin mengabadikan moment di bawah laut adan bisa menyewa kamera underwater dengan harga mulai Rp. 200.000 an.

Setelah seharian bermain di laut seperti diving maupun snorkeling anda akan dikenakan biaya kurang lebih Rp 15.000 untuk sekali mandi di toilet Taman laut ini.

Tips : 1. Sebaiknya berkunjung pada bulan Mei-Agustus, karena suhunya hangat dan anda bisa menikmati biota laut yang indah. Bahkan jika beruntung bisa bertemu dengan penyu sisik hijau.

2. Berangkat Lebih pagi sekitar jam 7 pagi hari karena menyebrang ke Taman Laut Bunaken kurang lebih memakan waktu 30-50 menit.

3. Bawa peralatan-peralatan yang dibutuhkan seperti peralatan mandi, baju renang, sandal jepit karet.