Jika anda mengunjungi kota Pematang Siantar, janga lupa untuk singgah di Kebun teh Sidamanik kabupaten Simalungun. Sidamanik merupakan salah satu kecamatan yang memiliki objek wisata yang sejuk.

Kebun teh ini merupakan perkebunan teh hijau di Sumatera Utara yang menarik dengan pemandangan yang indah dan udaranya yang segar dan sejuk membuat hati menjadi ingin berlama-lama.

Nama Kebun teh tersebut adalah “Kebun Teh Bahbutong”. Kebun Teh tersebut sudah ada sejak jaman Penjajahan (Tahun 1926). Sekarang Kebun Teh tersebut dimiliki perusahaan PTPN IV Bah Butong dan Tobasari dan merupakan kebun teh terbesar Nomor 2 di Indonesia. 

Saat sampai di kebun teh ini, anda akan disuguhkan dengan pemandangan yang asri dan indah. Karena hamparan kebun teh yang begitu luas dan tersusun rapi membuat mata menjadi lebih segar dan memberikan kesan yang sangat menenangkan dan damai karena jauh dari padatnya kota jadi bisa lebih rileks.

Dengan nuansa yang sejuk dan segar, kebun teh ini cocok untuk yang berpasangan dan yang berkeluarga. Spotnya keren dan sangat cocok untuk berfoto dan bersantai ria.

Teh khas Sidamanaik diberi nama ” Juma Superpeko”, Teh ini merupakan teh dengan kualitas terbaik dan di jual dengan harga yang sangat terjangkau untuk anda.

Teh khas ini dapat di temukan di sepinggir jalan Sidamanik yang dijual oleh orang orang di daerah tersebut. Kebanyakan pekerja disana menggeluti pekerjaan sebagai petani teh dan telah difasilitasi rumah dan kendaraan.

Fasilitas disekitaran kebun teh Sidamanik yaitu tersedia tikar yang dapat disewa dnegan harga murah dan bersahabat.

Tikar tersebut digunakan untuk duduk santai dengan keluarga , teman, atau pasangan yang ingin sekedar makan dan menikmati indah dan sejuk nya Kebun teh tersebut.

Di dekat Kebun teh tersebut juga terdapat food court (Jual makanan dan minuman) yang dapat dinikmati dengan santai.

Tiket masuk terbilang murah hanya Rp. 5000 per orang dengan biaya parkir sepeda motor Rp. 2000 dan Parkir Mobil Rp. 4000

Tips : Jika anda ingin singgah ke kebun teh ini sbeiaknya membawa jaket yang tebal karena daerah nya dingin dan berada di ketinggian 900M di atas permukaan laut.