Menenangkan hati dan pikiran sambil memandangi keindahan danau toba dari Geosite Sipincur merupakan pilihan yang tepat. Anda akan di suguhkan dengan pemandangan yang menyejukkan mata.

Di Sumatera Utara, Geosite Sipinsur yakni Kaldera Toba merupakan salah satu bagian dari Geopark. Geopark atau  geological Park merupakan sebutan untuk destinasi di dunia dan Indonesia yang diprioritaskan menjadi tanah bumi.

Sipinsur merupakan warisan geologi dari Danau Toba yang terletak di daerah tinggi Parulahon, Humbang Hasundutan. Sipinsur dinilai kawasan yang paling potensial sebagai tujuan geowisata karena memiliki unsur pendidikan dan konservasi.

Geosite Sipinsur memang belum sah menjadi geopark dunia namun Danau Toba dan 16 Geosite didalamnya terus dibenahi agar kecantikan dan Keindahan Danau Toba menjadi mendunia. Tentunya dengan bantuan masyarakat sekitar pemerintah.

Geosite Sipinsur berada di kawasan heritage yang terhampar di perbukitan Paranginan, Humbang Hasundutan. Untuk keindahan dan kesejukannya sudah tidak bisa dipungkiri lagi, Pasalnya tempat ini sudah banyak di nikmati kalangan termasuk Presiden Republik Indonesia Joko Widodo yang menyempatkan diri untuk singgah di Geosite tersebut saat sedang melakukan kunjungan ke daerah Tapanuli.

Bapak Presiden Joko Widodo dengan Ibu Iriana di Geosite Sipinsur

Beragam keindahan yang ditawarkan yang tentu saja boleh anda nikamti bahkan setelah anda baru menginjakkan kaki, anda akan langsung terpesona pada panorama yang luar biasa indahnya.

Anda akan disuguhkan dengan dua objek keren yaitu cekungan perairan bekas letusan gunung dan pulau Sibandang yang berada diatasnya. Beberapa gazebo dan spot pandang di beberapa ketinggian disediakan agar pengunjung yang datang dapat lebih luas melihat keindahan Danau Toba.

Dikelilingan Pohon pinus yang tumbuh di ketinggian Danau Toba membuat tempat ini menjadi lebih sejuk dan segar. Hutan pinus memiliki karakter yang memiliki karakter mirip Orchid Forest sehingga menjadikan geopark ini layak dikembangkan menjadi destinasi untuk wisatawan milenial.

Terletak pada ketinggian 1.213 mdpl dan mencakup luas sekitar 2 hektar dan berada di ketinggian 1.213 di atas permukaan laut. Sehingga menjadikan tempat ini paling pas untuk memandang keindahan Danau Toba.

Udara yang sangat sejuk membuat anda akan betah berlama-lama menikmati kesejukan yang yang diseduhkan.

Keindahan dan kesejukan tempat ini menjadikannnya banyak dikunjungi oleh wisatawan apalagi pada saat akhir peka atau libur besar bisa mencapai lima ribu orang. Setelah selesai memandangi indahnya Danau Toba wisatawan bisa bisa menikmati keindahn yang lain seperti Pulau Sibandang yang bisa dicapai dalam waktu 10-15 menit perjalanan dari pelabuhan Muara. Dari Geosite Sipinsur, jarak tempuhnya sekitar 30 menit menuruni bukit dan jalan berkelok.

Bagi anda yang suka menikmati alam pada malam hari atau ingin berkemah diberikan izin utnuk memasang tenda di bawah pohon-pohon pinus. Camping di sana dipastikan aman karena gerbang selalu buka dan dijaga oleh pengelola 24 jam.

Berikut Fasilitas yang disediakan di Geosite Sipinsur

Toilet

Toilet yang bersih dan tentunya aman anda akan temui disini

Penginapan Kecil

Bagi anda yang ingin menginap, ada poenginapan kecil tersedia di tempat ini

Wahana Permainan

Anak-anak tidak akan bosan berkunjung ke tempat ini karena disediakan wahana untuk bermain

Gazebo

Gazebo untuk tempat bersanati menikmati keindahan danau Toba dan kesejukan alamnya.

Parkir

Parkir yang luas dana man untuk para pengunjung.

Dari kota Medan perjalanan yang ditempuh utnuk menuju Sipinsur biasanya menghabiskan waktu 8 jam.  Bagi anda yang dari luar kota ada bandar Udara dan tersedia layanan pesawat udara dari berbagai destinasi yang nantinya akan mendarat di Bandar Udara Sisingamangaraja XII (Silangit Airport) Tapanuli Utara. Dari bandara hanya membutuhkan waktu sekitar 2-3 perjalanan lagi agar bisa sampai ke Paranginan Sipinsur.

Tiket masuknya terbilang murah dan tidak mengocek kantong, hanya berbekal Rp.5000 saja tamu sudah diberikan waktu sepuasnya untuk menikmati seluruh wahana dan memandang segalsa objek alam di Geosite tersebut.

Tips : Berkunjunglah pada saat cuaca cerah dan baik agar tidak terjadi hal- hal yang diinginkan.